Paragraf dalam karangan siswa kelas VII SMP Negerai 18 Malang / Siti Nur Kholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Paragraf dalam karangan siswa kelas VII SMP Negerai 18 Malang / Siti Nur Kholifah

Kholifah, Siti Nur (2016) Paragraf dalam karangan siswa kelas VII SMP Negerai 18 Malang / Siti Nur Kholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kholifah Siti Nur. 2016. Paragraf dalam Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumadi M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci karangan dan paragraf Karangan merupakan hasil dari penulisan gagasan yang berisikan informasi. Karangan memiliki tiga prinsip urutan yakni pendahuluan isi dan penutup atau kesimpulan. Bentuk-bentuk karangan meliputi eksposisi argumentasi narasi dan deskripsi. Paragraf merupakan komponen dari karangan yang memberikan informasi mengenai isi karangan. Paragraf dalam sebuah teks memiliki peran yang penting yakni sebagai miniatur dalam karangan. Adanya paragraf dapat memberikan gambaran mengenai isi dari sebuah teks atau karangan. Paragraf memiliki persyaratan tertentu yang harus dipenuhi dalam pembentukannya. Persyaratan tersebut sangat kompleks yakni mulai dari kesatuan kepaduan sampai pola pengembangan. Kesatuan paragraf adalah seluruh kalimat dalam paragraf tersebut membahas satu topik. Kepaduan paragraf adalah keterkaitan antara kalimat topik dan kalimat penjelas dalam paragraf. Pola pengembangan paragraf adalah pemerincian dan pengurutan ide pokok paragraf ke dalam pikiran-pikiran penjelas sebuah paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan paragraf dalam karangan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi teks. Data penelitian ini adalah paragraf dalam karangan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang sebanyak 98 paragraf. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tugas menulis karangan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti lembar tugas mengarang dan tabel analisis data. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Model tersebut memiliki tiga tahap yakni reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pertama tahap reduksi data dilakukan setelah data yang diperoleh dikumpulkan. Reduksi data penelitian ini meliputi identifikasi data klasifikasi data dan kodifikasi data. Identifikasi data adalah menetapkan identitas hasil karangan siswa yang layak dan sesuai dengan syarat data penelitian yang akan dianalisis. Syarat data tersebut adalah (1) terdapat identitas penulis yang jelas (nama siswa nomor presensi dan kelas) pada lembar kerja siswa (2) tulisan jelas dan dapat dibaca dan (3) tulisan merupakan karangan ditinjau dari pendahuluan isi dan penutup. Klasifikasi data merupakan tahap memasukkan data ke dalam tabel sesuai dengan karakteristik masing-masing data sesuai dengan fokus penelitian yakni kesatuan kepaduan dan pola pengembangan paragraf. Kodifikasi data merupakan pengodean sebagai petunjuk pemberian kode pada setiap korpus data. Kode yang digunakan meliputi (1) menyebutkan aspek yang diteliti (2) menyebutkan data yang sesuai dan data yang tidak sesuai dengan aspek yang diteliti (3) menyebutkan nomor urut karangan dan (4) menyebutkan nomor urut paragraf dalam karangan. Kedua tahap penyajian data dilakukan dengan menyajikan data yang dianalisis dalam tabel analisis sesuai fokus penelitian. Ketiga tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi yang dilakukan oleh peneliti dengan mengecek hasil analisis data dengan paragraf yang diteliti disesuaikan dengan kesatuan kepaduan serta pola pengembangan paragraf sehingga ditemukan beberapa temuan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan tiga hasil. Pertama paragraf memiliki kesatuan dan paragraf yang tidak memiliki kesatuan. Paragraf yang memiliki kesatuan disebabkan oleh adanya kesatuan ide pokok dalam kalimat-kalimat yang membangun paragraf. Paragraf yang tidak memiliki kesatuan disebabkan oleh (1) antara kalimat utama dan kalimat penjelas tidak ada kesatuan ide pokok (2) memiliki ide pokok lebih dari satu (3) ide pokok bergeser menjadi ide penjelas (4) memiliki satu ide pokok tetapi tidak memiliki ide penjelas (5) memiliki ide pokok dan memiliki ide penjelas berupa klausa yang dirangkai menjadi satu dalam kalimat utama (6) paragraf memiliki ide lain yang menyisip. Kedua paragraf memiliki kepaduan dan paragraf tidak memiliki kepaduan. Paragraf memiliki kepaduan disebabkan oleh paragraf tersebut memiliki keterkaitan antara kalimat utama dan kalimat penjelas serta memiliki kesatuan ide. Paragraf yang tidak memiliki kepaduan disebabkan oleh (1) hubungan antar kalimat utama dan kalimat penjelas tidak berkaitan (2) tidak memiliki kesatuan (3) paragraf hanya memiliki kalimat utama tanpa adanya kalimat penjelas (4) kerusakan isi kalimat yang membangun paragraf. Ketiga pola pengembangan paragraf yakni paragraf dengan pola pengembangan dan paragraf tidak memiliki pola pengembangan. Terdapat sebelas jenis pola pengembangan yang digunakan yaitu (1) umum-khusus (2) khusus-umum (3) contoh-contoh (4) perbandingan (5) sebab-akibat (6) akibat-sebab (7) antiklimaks (8) klasifikasi (9) campuran dan (10) ineratif. Paragraf yang tidak memiliki pola pengembangan berupa (1) paragraf yang hanya memiliki satu kalimat (2) paragraf yang memiliki kalimat lebih dari satu namun tidak memiliki kesatuan maupun kepaduan serta susunan kalimatnya tidak teratur. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan dua saran. Pertama guru disarankan untuk (1) melatih siswa dalam menulis paragraf dengan memenuhi syarat kesatuan (2) mengajarkan siswa dalam menggunakan pengait paragraf sebagai penanda kepaduan (3) memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai pola-pola pengembangan pada siswa dan (4) memberikan orientasi pembelajaran menulis denga lebih banyak memberikan praktik menulis daripada teori. Kedua siswa disarankan untuk lebih giat lagi belajar membuat paragraf yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142590

Actions (login required)

View Item View Item