Analisis kesalahan dalam penulisan teks diskusi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Luluk Hesti Dewi Rose - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dalam penulisan teks diskusi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Luluk Hesti Dewi Rose

Rose, Luluk Hesti Dewi (2016) Analisis kesalahan dalam penulisan teks diskusi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Luluk Hesti Dewi Rose. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rose Luluk Hesti Dewi. 2016. Analisis Kesalahan dalam Penulisan Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci analisis kesalahan menulis teks diskusi Keterampilan menulis merupakan keterampilan produktif yakni menghasilkan sebuah produk yang berupa tulisan. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VIII SMP berdasarkan Kurikulum 2013 adalah menulis teks diskusi. Teks diskusi adalah teks yang berisi paparan tentang suatu isu atau masalah yang berhubungan dengan segala peristiwa yang terjadi dalam masyarakat yang dapat memperluas pengetahuan pembaca mengenai masalah yang telah dibahas. Isu atau masalah dalam teks diskusi terdapat pemikiran kritis yang ditinjau dari dua sisi yaitu sisi positif dan negatif. Gagasan pada sebuah teks dapat dipahami jika teks tersebut memiliki keterbacaan tingkat tinggi. Tingkat keterbacaan teks diskusi dapat diidentifikasi melalui ketepatan pola-pola struktur teks diskusi ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks diskusi ketepatan kalimat efektif ketepatan pilihan kata serta ketepatan ejaan dan tanda baca. Oleh karena itu ketepatan pola-pola struktur dan ketepatan penggunaan unsur kebahasaan teks diskusi kalimat yang efektif pilihan kata yang tepat serta ejaan dan tanda baca yang tepat membuat pembaca mudah untuk memahami gagasan yang diungkapkan oleh penulis. Kesalahan penulisan ditandai dengan ketidaktepatan pola-pola struktur dan ketidaktepatan penggunaan unsur kebahasaan teks diskusi penyimpangan pemakaian bentuk-bentuk tuturan dari berbagai unit kebahasaan yang meliputi kata dan kalimat dari sistem kaidah bahasa Indonesia baku serta pemakaian ejaan dan tanda baca yang telah ditetapkan sebagaimana ditetapkan dalam buku Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD). Oleh karena itu agar siswa nantinya dapat menghasilkan tulisan yang memiliki tingkat keterbacaan tinggi perlu dilakukan analisis kesalahan penulisan yang mencakup kesalahan sistematika penulisan teks dan kesalahan berbahasa. Analisis kesalahan penulisan bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan sistematika dan kesalahan berbahasa yang terdapat pada teks diskusi karangan siswa. Berdasarkan kesalahan-kesalahan yang teridentifikasi dilakukan usaha perbaikan agar pada kegiatan menulis menghasilkan teks yang memiliki tingkat keterbacaan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah tentang transkrip tulisan yang berisi kesalahan penulisan khususnya kesalahan penulisan dari segi struktur isi kesalahan penggunaan unsur kebahasaan (kohesi leksikal kohesi gramatikal konjungsi pertentangan dan modalitas) kesalahan pilihan kata kesalahan kalimat serta ejaan dan tanda baca dalam teks diskusi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan teks diskusi sejumlah siswa dalam satu kelas yaitu 30 siswa. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti karena peneliti terlibat sebagai perencana pelaksana pengumpulan data analisis penafsiran data sampai pada pelaporan hasil. Teknik analisis data meliputi beberapa tahap yaitu (1) identifikasi (2) kategorisasi (3) pengodean data (4) penyajian data dan (5) penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dilakukan dengan (1) pengecekkan ahli dan (2) pengecekkan teori. Berdasarkan analisis data diperoleh lima hasil penelitian. Pertama ditemukan wujud kesalahan penulisan teks diskusi karangan siswa ditinjau dari ketepatan pola struktur isu atau masalah kesalahan penulisan teks diskusi karangan siswa ditinjau dari ketepatan pola struktur argumen pendukung dan penentang dan kesalahan penulisan teks diskusi karangan siswa ditinjau dari ketepatan pola struktur kesimpulan. Kedua ditemukan wujud kesalahan yang ditinjau dari ketepatan penggunaan kohesi gramatikal (referensi) dan wujud kesalahan ditinjau dari ketepatan penggunaan kohesi gramatikal (elipsis). Kesalahan selanjutnya yang ditemukan yaitu kesalahan pemilihan kata kesalahan kalimat dan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan dua saran. Pertama guru sebaiknya melakukan usaha perbaikan pada seluruh aspek kesalahan penulisan yang ditemukan pada teks diskusi karangan siswa dengan memberikan pemahaman tentang cara menyusun teks diskusi terutama ketepatan pola pada setiap struktur teks diskusi ketepatan penggunaan unsur kebahasaan yang terdapat pada teks diskusi menggunakan kalimat yang efektif memilih kata yang tepat ataupun menggunakan kaidah ejaan bahasa Indonesia secara baik dan benar sesuai dengan pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang berlaku. Kedua siswa sebaiknya lebih giat berlatih menulis dan meminta saran atau masukan dari guru mengenai hasil tulisannya agar dapat melakukan perbaikan. Siswa sebaiknya juga lebih aktif memahami kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baku karena tidak semua kaidah bahasa Indonesia dapat disampaikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142589

Actions (login required)

View Item View Item