Teknik penggambaran tokoh dan fungsinya pada cerpen karya siswa kelas VII SMPN 6 Malang / Purbarani Jatining Panglipur - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik penggambaran tokoh dan fungsinya pada cerpen karya siswa kelas VII SMPN 6 Malang / Purbarani Jatining Panglipur

Panglipur, Purbarani Jatining (2016) Teknik penggambaran tokoh dan fungsinya pada cerpen karya siswa kelas VII SMPN 6 Malang / Purbarani Jatining Panglipur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Panglipur Purbarani Jatining. 2016. Teknik Penggambaran Tokoh dan Fungsinya pada Cerpen Karya Siswa Kelas VII SMPN 6 Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd (2) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci Cerpen Teknik Langsung Teknik Tidak Langsung Fungsi Menulis cerpen merupakan proses menuangkan ide perasaan ataupun pikiran. Menulis cerpen menjadi salah satu tuntutan dalam pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari pembelajaran menulis cerpen ini adalah untuk menggali potensi yang dimiliki siswa dan melatih kemampuan siswa dalam menggabungkan ide serta perasaannya dalam sebuah tulisan. Ada dua unsur pembentuk cerpen yakni unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik cerpen meliputi tema alur tokoh penokohan latar gaya dan amanat. Unsur ekstrinsik cerpen tekait dengan faktor dari luar cerpen seperti latar belakang penulis dan nilai-nilai budaya yang tertanam. Tokoh merupakan salah satu unsur yang terpenting selain plot. Selain unsur yang terpenting lewat tokoh di dalam sebuah karya sastra dapat mengetahui psikologis dan karakter-karakter manusia karena karya sastra cermin kehidupan. Untuk membuat tokoh menjadi terkesan oleh pembaca karena ciri khas dan sifat atau watak yang dimiliki ada teknik langsung dan teknik tidak langsung untuk menggambarkan watak tokoh. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan teknik penggambaran tokoh secara langsung/analitik mendeskripsikan teknik penggambaran tokoh secara tidak langsung/dramatik serta fungsi teknik penggambaran tokoh secara langsung dan tidak langsung yang terdapat dalam cerpen karya siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kajian teks yang merupakan salah satu jenis dari penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks cerpen. Data penelitian ini berupa kutipan dalam cerpen karya siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang yang menunjukkan watak atau sifat tokoh. Pengumpulan data dilakukan dengan terjun langsung ke sekolah untuk memberikan tes menulis cerpen dan langsung dikumpulkan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar perintah dan petunjuk menulis cerpen. Instrumen analisis berupa panduan analisis teknik penggambaran tokoh secara langsung dan tidak langsung serta panduan analisis fungsi teknik penggambaran tokoh secara langsung dan tidak langsung. Analisis penelitian ini meliputi (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dengan membaca berulang dengan cermat diskusi dengan teman sejawat dan diskusi dengan pakar atau pembimbing. Hasil penelitian ini berupa deskripsi tentang teknik penggambaran tokoh secara langsung dan tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh empat hasil sebagai berikut. Pertama teknik penggambaran tokoh secara langsung yang paling sering digunakan adalah tuturan pengarang. Kedua teknik penggambaran tokoh secara tidak langsung dalam cerpen siswa yang paling banyak digunakan adalah cakapan. Cakapan ada di setiap cerpen karya siswa SMP Negeri 6 Malang. Cara kedua yang banyak digunakan adalah pikiran dan perasaan tokoh. Cara ketiga yang juga banyak dalam cerpen siswa adalah tingkah laku. Ketiga teknik penggambaran tokoh oleh siswa memiliki kecenderungan fungsi yang sama. Fungsi penggambaran tokoh secara langsung untuk mendukung perkenalan tokoh. Keempat fungsi teknik penggambaran tokoh secara tidak langsung untuk mendukung konflik mendukung konflik batin mendukung suasana dan mendukung alur. Saran penelitian ditujukan bagi siswa guru dan peneliti selanjutnya. Bagi siswa disarankan untuk lebih banyak membaca cerpen sehingga pengetahuan tentang cara menggambarkan watak tokoh semakin banyak dan variatif. Siswa juga disarankan untuk rajin berlatih menulis cerpen dengan menggabungkan atau memvariasikan teknik-teknik penggambaran tokoh dalam menulis cerpen sehingga tulisan menjadi lebih bagus. Bagi guru disarankan untuk memberikan penjelasan tentang teknik-teknik yang bisa digunakan dalam menggambarkan watak tokoh sehingga siswa memiliki banyak wawasan terkait teknik penggambaran tokoh dan saat menulis cerpen hasilnya lebih baik. Guru juga disarankan memberikan atau mencontohkan cerpen-cerpen yang bervariasi dalam menggambarkan watak tokoh sehingga siswa menjadi terlatih dan terbiasa dengan teknik-teknik penggambaran tokoh yang bisa menjadikan bahan saat menulis cerpen. Bagi peneliti lain disarankan melakukan penelitian yang bersifat meningkatkan kualitas cerpen berdasarkan teknik penggambaran tokoh sehingga siswa menjadi terlatih sejak dini dalam mengemas watak tokoh dengan berbagai teknik. Selain itu peneliti disarankan melakukan penelitian tentang fungsi penggambaran tokoh secara lebih mendalam lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142585

Actions (login required)

View Item View Item