Putri, Septinata Cahya (2016) Peningkatan menulis berita pada siswa kelas VII D SMPN 5 Jombang melalui media gambar seri peristiwa / Septinata Cahya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Septinata Cahya. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Berita melalui Media Gambar Seri Peristiwa pada Siswa Kelas VII D SMPN 5 Jombang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi S M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Pidekso Adi M.Pd. Kata kunci menulis berita media gambar seri peristiwa Media merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Guru seharusnya dapat memanfaatkan alat yang efisien dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media gambar seri peristiwa. Media gambar seri peristiwa merupakan gambar datar yang berisi potongan gambar peristiwa-peristiwa dengan urutan tertentu. Suatu gambar atau seri gambar dapat dijadikan bahan menyusun paragraf. Penggunaan media gambar dapat membantu siswa untuk memusatkan perhatian terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil menulis berita melalui media gambar seri peristiwa pada siswa kelas VII D SMPN 5 Jombang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMPN 5 Jombang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran menulis berita. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi angket dan tes. Analisis data proses pembelajaran siswa dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan cara mengumpulkan hasil menulis berita melalui gambar seri peristiwa mengoreksi dan menentukan skor berdasarkan rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui bahwa penggunaan gambar seri peristiwa ini dapat meningkatkan proses dan hasil menulis berita siswa. Peningkatan tersebut dilihat dari peningkatan proses dan hasil menulis berita melalui media gambar seri peristiwa. Pada peningkatan proses siswa telah mampu menuliskan pokok-pokok berita dan unsur-unsur berita berdasarkan gambar seri peristiwa dengan baik. Selain itu sikap siswa selama proses pembelajaran menulis berita juga mengalami peningkatan. Aspek-aspek sikap siswa tersebut meliputi aspek keaktifan kejujuran tanggung jawab kedisiplinan dan percaya diri. Aspek-aspek sikap siswa tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Hampir seluruh siswa telah memberikan respons positif selama mengikuti pembelajaran. Respons siswa ini didapatkan dari angket yang berisi beberapa pertanyaan terkait dengan pembelajaran menulis berita melalui gambar seri peristiwa. Selama proses pembelajaran siswa terlihat lebih antusias dan turut berpartisipasi aktif. Siswa juga sudah bisa mengerjakan tugas secara mandiri dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Peningakatan hasil menulis berita melalui media gambar seri peristiwa dapat dilihat dari 4 aspek yaitu (1) kemenarikan judul (KJD) (2) isi berita (IB) yang meliputi teras berita dan tubuh berita (TB) (3) kemampuan berbahasa (KB) dan (4) kemampuan menulis ejaan dan tanda baca (ETB). Pada siklus diketahui bahwa siswa yang masuk ke dalam kategori baik sebanyak 8 siswa 14 siswa berkategori cukup 9 siswa berkategori kurang dan 1 siswa berkategori sangat kurang. Artinya sebanyak 22 siswa sudah mencapai KKM dan sebanyak 10 siswa dinyatakan belum mencapai KKM. Pada siklus II diketahui bahwa siswa yang masuk ke dalam kategori sangat baik sebanyak 1 siswa 20 siswa berkategori baik dan 11 siswa berkategori cukup. Nilai rata-rata kelas VII D mengalami peningkatan. Pada studi pendahuluan nilai rata-rata siswa yaitu 73 50. Kemudian siklus I nilai rata-ratanya yaitu 74 1 sedangkan pada siklus II yaitu 79 7. Artinya sebanyak 32 siswa sudah mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |