Kholidah, Siti Nur (2016) Kesalahyan teknik penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia dalam makalah mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang / Siti Nur Kholidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kholidah Siti Nur. 2016. Kesalahan Teknik Penulisan dan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Makalah Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata Kunci kesalahan teknik penulisan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia Makalah merupakan salah satu karya ilmiah dan memiliki aturan penulisan yang ketat baik dari aspek teknik penulisan maupun penggunaan bahasa Indonesia. Makalah bisa ditulis oleh semua kalangan tidak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia menjadi sorotan bagi mahasiswa jurusan lain terkait tulis-menulis. Akan tetapi dalam makalah mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia ditemukan kesalahan teknik penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kesalahan teknik penulisan meliputi kesalahan cara merujuk dan menulis daftar rujukan dan (2) kesalahan penggunaan bahasa Indonesia meliputi kesalahan paragraf kesalahan kalimat kesalahan pilihan kata (diksi) dan kesalahan ejaan dalam makalah mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian analisis teks. Data penelitian ini berupa kesalahan teks makalah mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Sumber data dalam penelitian ini berupa makalah hasil tugas akhir matakuliah Menulis Karya Ilmiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2013 dipilih sebagai subjek penelitian karena telah menempuh matakuliah Dasar-Dasar Menulis dan Menulis Karya Ilmiah. Instrumen penelitian ini menggunakan tabel pedoman analisis dan tabel hasil analisis kesalahan teknik penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membaca makalah menganalisis berdasarkan pedoman analisis memberi kode masing-masing temuan kesalahan memasukkan temuan kesalahan ke dalam tabel hasil analisis membahas hasil temuan dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan membaca sumber data secara berulang-ulang memantapkan teori melakukan diskusi dengan teman sejawat dan dosen pembimbing. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap persiapan pelaksanaan dan penyelesaian. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan dua simpulan. Pertama cara merujuk dan menulis daftar rujukan dalam makalah mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang belum sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah UM (PPKI UM). Kesalahan cara merujuk dalam makalah mahasiswa ada enam. Keenam butir tersebut antara lain (1) menulis lengkap nama penulis kedua yang terdiri atas dua kata (2) tidak mencantumkan dkk. bila penulis terdiri atas lebih dari dua orang (3) tidak menyebut penulis kedua bila jumlah penulis terdiri atas dua orang (4) tidak membubuhkan tanda koma setelah nama penulis maupun dkk. ketika nama penulis disebut bersama tahun dan nomor halaman dalam kurung (5) menulis nama depan penulis kedua ketika nama penulis terdiri atas lebih dari satu kata dan (6) tahun dalam cara merujuk tidak sesuai dengan tahun dalam daftar rujukan. Kesalahan menulis daftar rujukan dalam makalah mahasiswa ada tiga. Ketiga butir tersebut antara lain (1) nama penulis kedua tidak dibalik ketika nama penulis terdiri atas lebih dari satu kata (2) tidak mencantumkan konjungsi dan atau ketika jumlah penulis terdiri atas lebih dari satu orang dan (3) tidak terdapat dalam kutipan teks utama. Kedua paragraf kalimat pilihan kata (diksi) dan ejaan dalam makalah mahasiswa masih terdapat kesalahan. Kesalahan paragraf berupa paragraf tidak memenuhi aspek kesatuan kepaduan dan kelengkapan. Kesalahan kalimat berupa kalimat tidak lengkap tidak sejajar tidak logis tidak hemat dan taksa/ambigu. Kesalahan diksi berupa diksi tidak benar akibat pemilihan bentukan/imbuhan kata tidak sesuai dengan kalimat. Kesalahan ejaan berupa pemakaian huruf penulisan kata dan penggunaan tanda baca tidak sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan tiga saran. Pertama kepada mahasiswa. Banyak ditemukan kesalahan cara merujuk pemakaian tanda titik dan pemakaian tanda koma dalam makalah. Oleh karena itu mahasiswa disarankan lebih teliti dalam menerapkan cara merujuk tanda titik dan tanda koma dengan melihat PPKI dan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Kedua kepada dosen pengampu matakuliah yang berkaitan dengan menulis karya ilmiah. Dosen pengampu matakuliah disarankan memberikan materi dan bimbingan yang mendalam memberikan contoh karya ilmiah yang benar dan salah dari aspek teknik penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia kemudian melakukan pembahasan dan memberikan tugas tindak lanjut kepada mahasiswa. Ketiga kepada peneliti lain. Peneliti lain diharapkan melakukan penelitian sejenis seperti strategi untuk meningkatkan kemampuan menulis makalah. Dengan demikian mahasiswa lebih terampil menulis makalah sesuai dengan pedoman penulisan sehingga tidak banyak ditemukan kesalahan lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |