Nilai-nilai moral dalam novel Pulang karya Tere Liye dan potensinya sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia jenjang SMA / Vindiatul Miftah Maulyna - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai moral dalam novel Pulang karya Tere Liye dan potensinya sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia jenjang SMA / Vindiatul Miftah Maulyna

Maulyna, Vindiatul Miftah (2016) Nilai-nilai moral dalam novel Pulang karya Tere Liye dan potensinya sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia jenjang SMA / Vindiatul Miftah Maulyna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulyna Vindiatul Miftah. 2016. Nilai-nilai Moral dalam Novel Pulang Karya Tere Liye dan Potensinya sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMA. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. SitiCholisotulHamidah M.Pd. (II) Musthofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata Kunci novel moral individu moral sosial moral ketuhanan media pendidikan karakter pembelajaran bahasa Indonesia Karya sastra fiksi mempunyai dua fungsi dulce et utile (rasa nikmat dan manfaat). Rasa nikmat dalam karya sastra adalah sesuatu yang menghibur pembaca dapat menikmaticerita dan menghibur diri untuk mendapat kepuasan batin. Manfaat dalam karya sastra dapat berupa pengetahuan atau wawasan pembaca dapat mengambil hikmah dari nilai moral dalam karya sastra yang dapat menambah pengetahuan atau wawasan. Moral dalam karya sastra fiksi mencerminkan pandangan hidup pengarang mengenai nilai-nilai kebenaran yang ingin disampaikan kepada pembaca. Salah satu novel yang memiliki nuansa moral dan mendapat komentar positif dari pembaca adalah novel Pulang karya Tere Liye. Novel inimenceritakanperjalananhidupdanperubahankarakter yang dialamiolehBujang.Tokohdanceritadalam novel Pulangdapatdijadikanteladandan media pembelajaranpendidikankarakterbagipesertadidik. Novel Pulang berpotensi untuk digunakan sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia jenjang SMA karena mengandung nilai-nilai moral di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai moral ketuhanan dalam novel Pulang (2) mendeskripsikan nilai moral individu dalam novel Pulang (3) mendeskripsikan nilai moral sosial dalam novel Pulang (4) mendeskripsikan potensi novel Pulang sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan relevansinya (5)mendeskripsikan potensi novel Pulang sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan respons guru dan siswa dan (6) mendeskripsikan potensi novel Pulang sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer pada penelitian ini berupa kutipan teks berupa dialog antartokoh narasi pengarang dan komentar tokoh lain dalam novel Pulang sedangkan data sekunder berupa deskripsi potensi novel Pulang sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari guru dan siswa. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel Pulangkarya Tere Liye sedangkan sumber data sekunder adalah respons guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XII di SMAN 2 Pare. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh enam simpulan berikut. Pertama wujudsikap dan perilaku yang menunjukkan nilai moral ketuhanan dalam novel Pulangmeliputi (1) berimandan (2) bertakwa. Kedua wujud sikap dan perilaku yang menunjukkan nilai moral individu dalam novel Pulang meliputi (1) tegas (2) tekun (3) berani (4) percayadiri dan (5) semangat.Ketiga wujudsikap dan perilaku yang menunjukkan nilai moral sosialdalam novel Pulangmeliputi(1) patuh (2) ramah (3) rendahhati (4) bijaksana (5) menghormati orang lain (6) persahabatan (7) kasihsayang (8) setia (9) peduli dan (10) pemaaf. Keempat novel Pulangrelevan apabila dimanfaatkan sebagai media untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Novel Pulang berpotensi untuk dimanfaatkan pada KI 1 KI 2 KI 3 KI 4 dan KD 3.3 dalampembelajaranTeksCeritaFiksidalam Novel padamatapelajaranBahasa Indonesia kelas XII SMA Kurikulum 2013. Kelima novel Pulang berpotensiuntukdimanfaatkansebagai media pendidikankarakterdalampembelajaran BI jenjang SMA. Keenam novel Pulang dapat diimplementasikan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas dengan cara mengajakpesertadidikuntukmencermatidanmenganalisisnilai-nilai moral yang terdapatdalam novel Pulangkemudianmengaitkannyadengankehidupansehari-hari. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran pertama bagi pendidik atau guru disarankan untuk memanfaatkan novel Pulang atau novel-novel yang bermuatan nilai-nilai moral sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran BI khususnya pembelajaran yang mengunakan novel sebagai media pembelajaran. Kedua bagipeneliti lain disarankanuntukmeneliti novel Pulangdariaspek-aspek yang belumditeliti. Denganadanyapengembanganpenelitian di bidangsastra makahasilpenelitiannya pun akanberagam. Ketiga bagi penulis karya sastra disarankan agar dapat menyajikan karya sastra yang bermutu dengan muatan moral yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam ceritanya serta memiliki kontribusi untuk menumbuhkan karakter pembaca. Keempat bagi pembaca disarankanuntukmembaca novel Pulangdandapatmengambilpelajaranatauhikmah yang ada di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142576

Actions (login required)

View Item View Item