Karakteristik cerpen karya siswa kelas XI program Bahasa SMAN 01 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Anung Ardiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik cerpen karya siswa kelas XI program Bahasa SMAN 01 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Anung Ardiani

Ardiani, Anung (2016) Karakteristik cerpen karya siswa kelas XI program Bahasa SMAN 01 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Anung Ardiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiani Anung. 2016. Karakteristik Cerpen Siswa Kelas XI Program Bahasa MAN 1 Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M. Pd (II) Drs. Dwi Saksomo M. Si. Kata Kunci cerita pendek tokoh penokohan latar sudut pandang pesan moral. Cerita pendek merupakan cerita yang megisahkan sebagian kecil aspek dalam kehidupan manusia yang diceritakan secara terpusat pada tokoh dan kejadian yang menjadi pokok cerita. Keterampilan menulis cerpen dapat dipelajari dengan cara mengetahui karaketristik cerpen. Keterampilan menulis cerpen penting untuk dimiliki setiap siswa mengingat adanya kompetensi dasar memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan yang termuat dalam kurikulum 2013. Berkaitan dengan itu penelitian karakteristik cerpen ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tokoh penokohan latar sudut pandang dan pesan moral yang terdapat pada cerpen karya kelas XI program Bahasa MAN 1 Malang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kutipan yang berupa narasi dialog atau monolog yang terdapat pada cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang yang menggambarkan tokoh penokohan latar sudut pandang dan pesan moral yang disampaikan pengarang kepada pembaca yang tercermin dalam cerpen tersebut. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan koordinasi dengan guru mengumpulkan dokumen membaca sumber data menyeleksi sumber data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan mengidentifikasi. Analisis data ada tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama karakteristik tokoh pada cerpen siswa meliputi tokoh utama dan tokoh tambahan. Baik tokoh utama maupun tokoh tambahan mempunyai watak yang protagonis dan antagonis. Pemberian nama tokoh pada cerpen siswa dibedakan menjadi tiga yakni pemberian nama tokoh berakar dari budaya Jawa pemberian nama tokoh yang mencerminkan budaya Barat dan pemberian nama tokoh yang mencerminkan budaya Islam. Kedua karakteristik penokohan pada cerpen siswa meliputi penokohan dengan teknik analitik dan penokohan dengan teknik dramatik. Dengan teknik dramatik penokohan dapat diketahui melalui perilakunya perbincangan tokoh tentang dirinya gambaran lingkungan kehidupannya dan perbincangan tokoh lain dengannya. Ketiga karakteristik latar pada cerpen siswa meliputi latar tempat latar waktu dan latar suasana. Keempat Karakteristik sudut pandang pada cerpen siswa meliputi sudut pandang orang pertama serba tahu dan dan sudut pandnag orang ketiga serba tahu. Kelima Karakteristik pesan moral pada cerpen siswa terdiri atas pesan moral individu pesan moral sosial dan pesan moral religius. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga saran yang disampaikan pada beberapa pihak. Bagi guru Bahasa Indonesia penelitian ini bisa dimanfaatkan sebagai referensi dalam pembelajaran menulis cerpen di sekolah. Dengan mengetahui karakteristik cerpen yang ditulis oleh siswa guru dapat menentukan model pembelajaran yang akan diterapkan pada siswa terutama dalam pembelajaran menulis cerpen. Bagi siswa disarankan supaya memperbanyak membaca cerpen dan memahami buku-buku teori tentang karya sastra agar kemampuan mereka dalam menulis cerpen lebih meningkat. Hal tersebut dikarenakan masih ada unsur intrinsik yang kurang diperhatikan oleh siswa seperti unsur latar. Kepada peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian yang sejenis dengan subjek siswa kelas XI program Bahasa MAN 1 Malang namun dengan jenis karya yang berbeda sehingga dapat diketahui bagaimana hasil karya siswa terutama dalam hal menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142568

Actions (login required)

View Item View Item