Khoirotunnisa, Ratih Purbayu (2016) Pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karukatur untuk siswa kelas X SMA / Ratih Purbayu Khoirotunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khoirotunnisa Ratih Purbayu. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Gambar Karikatur untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis teks anekdot gambar karikatur Menulis teks anekdot merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai oleh siswa kelas X SMA. Oleh sebab itu menulis teks anekdot harus diajarkan kepada siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh informasi terkait kesulitan siswa dalam pembelajaran teks anekdot yaitu siswa merasa kesulitan dan bingung mencari ide atau topik teks anekdot menyusun kerangka teks anekdot dan mengembangkan kerangka ketika akan menulis teks anekdot. Hal tersebut mengakibatkan hasil menulis teks anekdot masih kurang maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam menulis teks anekdot. Bahan ajar sangat berperan ketika proses pembelajaran. Bahan ajar berfungsi sebagai alat untuk membantu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Seiring dengan berlakunya Kurikulum 2013 bahan ajar untuk siswa kelas X belum banyak dikembangkan. Bahan ajar tentang menulis teks anekdot bagi siswa kelas X SMA juga masih belum banyak dikembangkan sehingga masih dibutuhkan adanya bahan ajar yang menarik bagi siswa untuk pembelajaran menulis teks anekdot. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot untuk menambah suplemen atau pelengkap bahan ajar yang memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot. Bahan ajar yang menarik dan memudahkan siswa menulis teks anekdot dapat dikembangkan dengan menggunakan gambar karikatur. Gambar karikatur dapat dijadikan ide penulisan teks anekdot. Oleh sebab itu bahan ajar menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karikatur perlu dikembangkan. Gambar karikatur yang digunakan untuk menulis teks anekdot adalah gambar karikatur berseri yang membentuk satu jalinan cerita lucu menarik dan mengesankan karena isinya berupa kritik atau sindiran terhadap kebijakan layanan publik perilaku penguasa atau suatu fenomena/kejadian. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan deskripsi isi bahan ajar menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karikatur untuk siswa kelas X SMA (2) menghasilkan sistematika penyajian bahan ajar menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karikatur untuk kelas X SMA (3) menghasilkan bahasa bahan ajar menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karikatur untuk siswa kelas X SMA dan (4) menghasilkan tampilan produk bahan ajar menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karikatur untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diapadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat tujuh tahap prosedur penelitian yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli dan uji praktisi (5) revisi hasil uji ahli dan uji praktisi (6) uji lapangan dan (7) penyempurnaan produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli pembelajaran penulisan teks anekdot (2) ahli bahan ajar (3) praktisi yaitu guru Bahasa dan Sastra Indonesia dan (4) lapangan yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara bebas dengan ketiga kelompok uji. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai human instrument. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) menganalisis data dan (3) merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan aspek isi bahan ajar Menulis Anekdot dari Gambar Karikatur tergolong layak dan siap diimplementasikan pada pembelajaran teks anekdot. Hal tersebut dapat diketahui dari skor hasil uji produk yaitu 79 51. Berdasarkan aspek sistematika penyajian bahan ajar Menulis Anekdot dari Gambar Karikatur tergolong layak dan siap diimplementasikan pada pembelajaran teks anekdot. Hal tersebut dapat diketahui dari skor hasil uji produk yaitu 81 6. Berdasarkan aspek penggunaan bahasa bahan ajar Menulis Anekdot dari Gambar Karikatur tergolong layak dan siap diimplementasikan pada pembelajaran teks anekdot. Hal tersebut dapat diketahui dari skor hasil uji produk yaitu 85 71. Berdasarkan aspek tampilan bahan ajar Menulis Anekdot dari Gambar Karikatur tergolong layak dan siap diimplementasikan pada pembelajaran teks anekdot. Hal tersebut dapat diketahui dari skor hasil uji produk yaitu 80 71. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar Menulis Teks Anekdot dari Gambar Karikatur tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X SMA. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan untuk menggunakan bahan ajar Menulis Teks Anekdot dari Gambar Karikatur dalam pembelajaran menulis teks anekdot sehingga kendala dalam pembelajaran menulis teks anekdot dapat teratasi. Siswa disarankan untuk mengikuti semua tahap menulis teks anekdot dengan menggunakan gambar karikatur agar dapat menulis teks anekdot dengan mudah dan menyenangkan. Prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa. Pengembang lain disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini. Langkah tersebut dapat diterapkan pada pengembangan bahan ajar untuk kompetensi lain. Selanjutnya penyebarluasan produk dapat dilakukan dengan cara (1) produk diseminarkan ke sesama mahasiswa (2) artikel hasil penelitian diunggah ke jurnal online perpustakaan dan (3) produk disebarluaskan melalui forum MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |