Ajeng, Angga Wahyu (2016) Wujud implementasi RPP Bahasa Indonesia dalam kegiatan pembelajaran oleh guru SMP di Kabupaten Lumajang / Angga Wahyu Ajeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ajeng AnggaWahyu. 2015. WujudImplementasi RPP Bahasa Indonesia dalamKegiatanPembelajaranOleh Guru SMP di KabupatenLumajang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Widodo H.S M.Pd. Kata Kunci RPP implementasi RPP pembelajaranbahasa Indonesia Seluruh guru dituntutuntukmenyusunsilabusdanRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP). Sebagaitenagaprofesional kemampuan guru dalammenyusun RPP seharusnyasudahtidakperludiragukantetapikenyataan di lapanganberbeda. Selainmemilikiketerampilandalammenyusun RPP guru harusdapatmengimplementasikan RPP yang telahdibuatkarenasebuahperencanaantidakakanberartitanpaadanyatindakannyata. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanwujudimplementasi RPP dalampembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP KabupatenLumajangpadakegiatanpendahuluanpembelajaran kegiatan inti pembelajaran dankegiatanpenutuppembelajaran. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desainpenelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah gurumatapelajaran Bahasa Indonesia di SMP KabupatenLumajang yaitu RPP danrekamanproses pembelajaran. Data penelitian ini adalahaspek-aspekkegiatanpembelajarandalam RPP berupatindakandanucapan guru saatmengimplementasikan RPP. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studidokumentasidan observasi. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah pedomananalisisdokumendanpedoman observasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan mengidentifikasi mengelompokkan menjabarkan menyajikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan. Pertama padakegiatanpendahuluanpembelajaranditemukanempatwujudimplementasidari guru yaitu (1) guru meminta siswa berkonsentrasi pada pelajaran dan memastikan siswa bersedia melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran (2) guru memberikan contoh dan perbandingan tentang pokok bahasan yang akan dipelajari dengan konteks kehidupan sehari-hari (3) guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengingat kembali hal yang telah diketahui/dikuasai tentang pokok bahasan yang dipelajari (4) guru menjelaskan tujuan pelajaran.Kedua wujudimplementasi RPP kegiatan inti pembelajaran dibagi menjadi tiga ranah yaitu implementasi kegiatan inti kognitif atau pengetahuan implementasikegiatan inti afektifatausikap danimplementasikegiatanpsikomotorikatauketerampilan. Terdapat tujuhwujud implementasi yang dilakukan pada inti pembelajaran ranah kognitif. Tujuhwujud implementasi tersebut adalah (1)guru memberitahukan kemampuan dan pengetahuan yang akan diajarkan (2) guru meminta siswa mecermati kemampuan dan pengetahuan yang diberikan oleh guru kemudian menunjukkan persamaan dan perbedaannya (3) guru membantu merumuskan konsep dan kaidah pembelajaran (4) guru menghubungkan konsep dan kaidah yang sudah dipahami dengan konsep dan kaidah baru (5) guru menguraikan petunjuk tentang pemahaman yang diajarkan (6) guru mengikuti dengan seksama pemahaman yang didapat oleh siswa (7) guru memberikan konfirmasi tentang ketepatan pemahaman yang didapat siswa baik secara lisan maupun tulis.Terdapat tiga wujudimplementasi yang dilakukan pada inti pembelajaran aspek afektif yaitu (1) guru mendemonstrasikan tingkah laku yang tepat (bisa dilakukan oleh guru sendiri ataupun menggunakan model) (2) guru menonjolkan perbuatan-perbuatan tertentu dan efek dari tindakan yang dilakukan dan (3) guru menjelaskan atau memberikan informasi tambahan tentang alasan mempelajari tingkah laku tersebut. Terdapat tiga wujudimplementasi yang dilakukan pada inti pembelajaran aspek psikomotor yaitu (1) guru menunjukkan subketerampilan kaidah-kaidah dan prosedur yang harus diikuti tentang materi yang akan diajarkan (2) guru memberikan petunjuk tentang cara melaksanakan dan waktu yang dibutuhkan untuk belajar (3) guru mengamati pekerjaan siswa dan memperhatikan aturan waktu sesuai kaidah yang diajarkan.Ketiga padakegiatanpenutuppembelajaranditemukan tiga wujudimplementasi yang dilakukan oleh guru yaitu (1) guru bersama siswa meringkas atau membuat garis besar materi yang baru dibahas atau dipelajari (2) guru memberikan umpan balik terhadap proses serta hasil pembelajaran yang telah dilakukan (3) guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. Berdasarkanhasilpenelitian saran yang perludisampaikankepada guru bahasa Indonesia adalahmeningkatkankreativitasdalampengimplementasian RPP yang sudahadadanmenyempurnakankegiatan-kegiatanpentingdalam RPP yang sebelumnyaterlewatkanataubelumdapatdiimplementasikan. Kegiatanpenting yang dilewatkanoleh guru dalamimplementasipadabagianpendahuluanpembelajaranadalah guru tidakmenyampaikancakupanmateridanpenjelasanuraiankegiatan yang akandilaksanakan. Kegiatanpenting yang dilewatkanoleh guru dalamimplementasipadabagian inti pembelajaranaspekafektif yaitu (1) guru bertanyakepadasiswatentangpenggunaansikap yang dipelajari (2) guru memberikanpetunjukcaradansaat yang tepatuntukmelaksanakansikap yang dipelajari (3) guru mengobservasitindakan yang dipelajarisiswasecaraberulang kali (4) guru memberikankomentartentangkewajaransikap yang tercermindalamtingkahlakusiswa. Kegiatanpenting yang dilewatkanoleh guru dalamimplementasipadabagian inti pembelajaranaspekpsikomotor yaitu (1) guru memberikandemonstrasiataucontohketerampilan yang akandiajarkan (2) guru menjelaskanalasanpenggunaanprosedurdankaidahdariketerampilan yang akandiajarkan (3) guru memintasiswaberlatihsesuaiprosedur yang telahdiajarkan (4) guru memberikankomentarmengenaihasilkerjasiswadanketepatanwaktudalampengerjaan. Kegiatanpenting yang dilewatkanoleh guru dalamimplementasipadabagianpenutuppembelajaran yaitu (1) guru bersamasiswamengambilmanfaatdarihasilpembelajaran yang telahdilakukan (2) guru memberikantugaskepadasiswasebagaikegiatantindaklanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |