Perancangan ensiklopedia berbasis print dan digital media tentang permainan tradisional Indonesia sebagai bentuk pelestarian warisan budaya nusantara / Novaria Ananda Pertama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan ensiklopedia berbasis print dan digital media tentang permainan tradisional Indonesia sebagai bentuk pelestarian warisan budaya nusantara / Novaria Ananda Pertama

Pertama, Novaria Ananda (2014) Perancangan ensiklopedia berbasis print dan digital media tentang permainan tradisional Indonesia sebagai bentuk pelestarian warisan budaya nusantara / Novaria Ananda Pertama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ananda Novaria. 2014. Perancangan Ensiklopedia Berbasis Print dan Digital Media Tentang Permainan Tradisional Indonesia sebagai Bentuk Pelestarian Warisan Budaya Nusantara. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranti Sayekti S.Sn. M.Si (II) Heppy Jundan Hendrawan S.Sn. M.Ds. 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci ensiklopedia permainan tradisional Indonesia Nusantara Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang saat ini mulai kurang diminati oleh anak-anak. Banyak hal yang menyebabkan permasalahan ini salah satunya ialah semakin maraknya perkembangan teknologi khususnya perangkat komputer atau telepon genggam yang berbasis android dimana didalamnya terdapat berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk browshing e-mail bermain game dan sebagainya. 12288 12288 12288 12288 Selama ini informasi yang kita ketahui mengenai warisan budaya di Indonesia hanya meliputi rumah adat baju daerah tarian lagu alat musik situs peninggalan dan makanan daerah. Masih banyak lagi kebudayaan Indonesia yang seharusnya wajib kita ketahui salah satunya ialah permainan tradisional Indonesia. Di Indonesia banyak sekali kita temui berbagai ragam permainan tradisional dimana setiap daerah memiliki ciri khas dari daerahnya masing-masing mulai dari bahasa yang digunakan ataupun bahan yang dijadikan sebagai alat utama dalam permainan itu sendiri. 12288 12288 12288 12288 Di Indonesia sendiri terdiri dari banyak sekali daerah-daerah yang memiliki keanekaragaman budaya misalnya dalam hal permainan tradisionalnya kita dapat mengelompokkannya berdasarkan 5 pulau besar di Indonesia mulai dari Sumatra Kalimantan Jawa Sulawesi dan Nusa Tenggara serta Irian Jaya. Dari kelima pengelompokan tersebut kita telah mendapatkan banyak sekali ragam jenis permainan tradisional Indonesia yang dapat dijadikan sebuah ensiklopedia yang memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat terutama anak-anak. Dalam perancangan ensiklopedia permainan tradisional Indonesia dalam bentuk print dan digital media kali ini memiliki target audience anak-anak rentang usia antara 6-12 tahun. Karena dalam rentangan usia itulah anak-anak mengalami banyak perkembangan khususnya pada system motorik. Selain itu hal ini dapat dijadikan pula sarana pelestarian tradisi dan budaya Indonesia khususnya dalam permainan tradisional Indonesia dan membangun rasa kecintaan pada budaya bangsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item