Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang yang tercermin dalam kemampuan membaca kritis teks diskusi / Evid Nur Irkham Rohmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang yang tercermin dalam kemampuan membaca kritis teks diskusi / Evid Nur Irkham Rohmy

Rohmy, Evid Nur Irkham (2016) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang yang tercermin dalam kemampuan membaca kritis teks diskusi / Evid Nur Irkham Rohmy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmy Evid. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Malang yang Tercermin dalam Kemampuan Membaca Kritis. Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci berpikir kritis membaca teks diskusi kelas VIII. Berpikir kritis adalah kegiatan berpikir secara terus-menerus dan teliti mengenai sebuah pengetahuan yang dipandang berdasarkan alasan yang mendukungnya dan kesimpulan yang menjadi kecenderungannya untuk memecahkan suatu masalah. Indikator berpikir kritis meliputi kemampuan menganalisis mengevaluasi dan berkreasi. Penguasaan kemampuan berpikir kritis juga menjadi salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Tujuan berpikir kritis dalam konteks pendidikan adalah untuk membentuk sifat terarah tekontrol korektif dan tolerir dalam menghadapi suatu permasalahan. Kemampuan berpikir kritis seseorang dapat diukur melalui kemampuan membaca. Teks diskusi adalah salah satu teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang sekolah menengah pertama kelas VIII yang memancing pembacanya untuk berpikir kritis. Unsur yang ada dalam setiap teks pembelajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 meliputi isi struktur dan penggunaan bahasa. Oleh karena itu aspek berpikir kritis yang diteliti dalam penelitian ini adalah aspek berpikir kritis dalam unsur teks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP. Teknik analsisi data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik statistika yang menghasilkan data baru berupa persentase. Teknik tersebut dipilih untuk mempermudahkan klasifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP. Klasifikasi kemampuan berpikir kritis siswa yang digunakan peneliti adalah adaptasi dari kriteria persentase keterlakasanaan tes kemampuan berpikir kritis Arikunto. Hasil analisis data akan disajikan dalam bentuk deskripsi. Oleh sebab itu berdasarkan jenisnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 15 Malang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 dari jumlah populasi sebanyak 286 orang siswa. Hasil analisis data tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 15 Malang secara umum diperoleh persentase sebesar 60 73% sehingga siswa dikategorikan cukup kritis. Indikator berpikir kritis yang paling dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berkreasi dengan mendapatkan persentase sebesar 68 69% yang menandakan mereka masuk dalam kategori kritis. Pada indikator mengevaluasi dan menganalisis siswa termasuk kategori cukup kritis dengan memperoleh persentase sebesar 58 90% dan 58 67%. Aspek yang perlu diperhatikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 15 Malang adalah aspek menganalisis dan mengevaluasi isi teks diskusi. Karena hasil tes kemampuan siswa pada aspek tersebut termasuk dalam kategori kurang kritis dan hanya mampu mendapatkan persentase sebesar 49 09% dan 46 67%. Pada tiga aspek lain siswa sudah mampu mencapai kategori cukup kritis yaitu pada aspek menganalisis penggunaan bahasa (62 72%) mengevaluasi struktur (65 45%) dan mengevaluasi penggunaan bahasa (55 45%). Kategori kritis pada siswa berhasil didapatkan pada aspek menganalisis struktur (66 06%) berkreasi isi (67 27%) berkreasi struktur (66 06%) dan berkreasi penggunan bahasa (72 72 %). 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142557

Actions (login required)

View Item View Item