Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMA Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Rodhiyatus Sholichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMA Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Rodhiyatus Sholichah

Sholichah, Rodhiyatus (2016) Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMA Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Rodhiyatus Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholichah Rodhiyatus. 2016. Pemetaan Kemampuan Literasi Dasar Siswa SMA Kec. Bangil Kab. Pasuruan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M Pd (II) Drs. Pidekso Adi M. Pd. Kata Kunci literasi literasi dasar berpikir kritis instrumen literasi Literasi merupakan suatu cara bagaimana seseorang berkomunikasi dengan masyarakat. Literasi dalam pembelajaran merupakan suatu cara agar peserta didik mampu berpikir kritis. Inti pembelajaran literasi adalah agar siswa mampu memecahkan permasalahan dengan menggunakan proses berpikir kritisnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan jenis literasi dasar. Adapaun pengertian literasi dasar adalah kegiatan literasi yang melibatkan empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis untuk mempersepsikan informasi menggambarkan informasi dan mengomunikasikannya berdasarkan pemahaman peserta didik. Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa tingkat kekritisan berpikir siswa di Indonesia sangatlah rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini membuat Indonesia berada di rating paling bawah. Wujud nyata dari literasi yang rendah tersebut yaitu minat baca yang rendah kemampuan siswa dalam menghasilkan sebuah tulisan (ilmiah maupun non ilmiah) sangat minim. Hal ini terjadi karena mereka tidak berminat untuk menambah wawasan dengan membaca sehingga sangat berpengaruh terhadap kegiatan menulisnya. Peneliti mengangkat tema literasi bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan berliterasi siswa khususnya siswa sekolah menengah atas. Selain itu untuk mengetahui apakah kualitas sekolah memengaruhi tingkat literasi siswa. Penelitian dilakukan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bangil SMA YADIKA Bangil dan SMA AL-AZIZ Bangil yang terletak di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Pemilihan sekolah yang memiliki kualitas tinggi sedang dan rendah ditetapkan bedasarkan nilai ujian nasional dan nilai akreditasi masing-masing sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes tulis yang terdiri dari lima kegiatan yakni (1) merangkum (2) membandingkan dua teks (3) memberikan solusi (4) membahasakan tabel dan (5) membuat tampilan visual. Kegiatan analisis data dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian yang dibuat berdasarkan instrumen. Hasil analisis dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada tiga sekolah adalah bahwa setiap individu memiliki kemampuan literasi yang berbeda dan kualitas sekolah tidak menentukan tingkat literasi siswa. Harapan peneliti atas penelitian yang dilakukan adalah supaya guru lebih melatihkan siswanya untuk mampu berliterasi dalam setiap pembelajaran yang dilakukan agar siswa mampu berpikir secara kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142553

Actions (login required)

View Item View Item