Lana, Firdausya (2016) Relevansi karakter tokoh utama kumpulan cerpen Hidup Berawal Dari Mimpi karya Fahd Djibran dengan nilai pendidikan karakter di SMA / Firdausya Lana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lana Firdausya. 2015. Relevansi Karakter Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Hidup Berawal dari Mimpi Karya Fahd Djibran dengan Nilai Karakter di SMA. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci cerpen karakter tokoh utama nilai pendidikan karakter. Unsur pembangun cerpen yang membuktikan bahwa cerpen merupakan gambaran kehidupan nyata adalah tokoh-tokohnya. Watak atau karakter tokohlah yang membuat tokoh dalam suatu cerita memiliki kedekatan dengan pembaca. Kajian telaah karakter tokoh melalui kecermatan memilih cerita dapat memberikan alternatif dalam pendidikan nilai karakter pada peserta didik. Tokoh utama dalam kumpulan cerpen Hidup Berawal dari Mimpi sengaja dibuat untuk memberikan motivasi pembacanya untuk menjadi manusia yang lebih baik pada tiap aspek kehidupannya. Mayoritas tokoh utama yang merupakan remaja dalam kumpulan cerpen karya Fahd Djibran ini dapat menarik pembaca kalangan remaja pula. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan relevansi karakter tokoh utama dalam kumpulan cerpen Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran dengan nilai pendidikan karakter di SMA. Sejalan dengan tujuannya penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendeskripsikan. Data yang dianalisis kutipan berupa narasi dan dialog dari kumpulan cerpen yang menggambarkan karakter tokoh utama. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri karena peneliti merupakan alat pengumpul data dengan pedoman analisis. Tahapan analisis dimulai dari tahap identifikasi data pengodean klasifikasi data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data dideskripsikan tujuh simpulan. Pertama terdapat enam nilai pendidikan karakter di SMA yang sesuai dengan karakter tokoh utama dalam kumpulan cerpen Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran. Enam nilai karakter tersebut meliputi (1) penyelesai masalah (2) responsif (3) religius (4) peduli sesama (5) proaktif dan (6) tanggung jawab. Nilai religius merupakan hasil rumusan SKL KI-1. Nilai penyelesai masalah responsif peduli sesama proaktif dan tanggung jawab merupakan hasil rumusan SKL KI-2. Kedua terdapat delapan tokoh utama dalam kumpulan cerpen yang memiliki nilai karakter penyelesai masalah meliputi (1) Reza dalam Kau Puisi (2) Bumi dalam Bumi ke Langit (3) Acep dalam Cahya Cinta Sejati (4) aku dalam Kita Selamanya (5) Teguh dalam U ll Sorry (6) aku dalam Save Our Soul (7) aku dalam Xpresikan dan (8) Kautsar dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Perspektif. Ketiga terdapat tujuh tokoh utama dalam kumpulan cerpen yang memiliki nilai karakter responsif meliputi (1) Reza dalam Kau Puisi (2) penyair dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Utopia (3) aku dalam Kita Selamanya (4) aku dalam Xpresikan (5) Pak Hasan dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Titik Balik (6) Kyai Husain dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Kedewasaan dan (7) Fahd dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Percaya. Keempat terdapat lima tokoh utama dalam kumpulan cerpen yang memiliki nilai karakter religius meliputi (1) penjual pisang dalam cerpen Sang Juara (2) aku dalam Not With Me (3) aku dalam Waktu (4) aku dalam Save Our Soul dan (5) aku dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Proses. Kelima terdapat tiga tokoh utama dalam kumpulan cerpen yang memiliki nilai karakter peduli sesama meliputi (1) aku dalam Not With Me (2) gadis kecil dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Harapan dan (3) penyair dalam Hidup Berawal dari Mimpi-Utopia. Keenam terdapat satu tokoh utama dalam kumpulan cerpen yang memiliki nilai karakter proaktif yaitu penjual pisang dalam cerpen berjudul Sang Juara. Ketujuh terdapat satu tokoh utama dalam kumpulan cerpen yang memiliki nilai karakter tanggung jawab yaitu tokoh Yusuf dalam cerpen berjudul Ya Sudahlah. Berdasarkan simpulan di atas disarankan dua hal. Bagi guru penelitian ini dapat menambah pengetahuan baru bagi guru dan dapat menjadi penunjang pengajaran sastra. Selain itu hasil penelitian ini dapat pula dijadikan pertimbangan bagi pengajar sebagai materi pembelajaran membaca dan menulis cerpen sehingga dapat membantu mengembangkan keterampilan peserta didik sekaligus memberikan pendidikan karakter sesuai dengan SKL nilai pendidikan karakter di SMA. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dan referensi penelitian. Penelitian lanjutan maupun penelitian lain yang sejalan tentang cerpen terutama perkembangan karakter tokoh utama dan nilai pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |