Alur cerita pendek karya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang / Daryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Alur cerita pendek karya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang / Daryanti

Daryanti (2016) Alur cerita pendek karya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang / Daryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Daryanti. 2016. Alur Cerita Pendek Karya Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci alur cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang Alur merupakan rangkaian peristiwa yang saling berkaitan dan diemban oleh tokoh tertentu sehingga membentuk suatu cerita. Alur adalah salah satu unsur intrinsik cerpen sekaligus merupakan hal penting yang sangat berpengaruh terhadap cerita. Ada cerpen yang mempunyai struktur alur lengkap dan tidak lengkap. Kategori alur yang digunakan masing-masing siswa untuk penulisan cerita tentu berbeda. Sejauh ini yang banyak diketahui adalah penggunaan alur maju alur sorot balik dan alur campuran. Namun ternyata masih terdapat kategori alur lain dalam cerpen yang perlu diketahui. Alur cerita yang ditulis oleh siswa perlu diketahui atau digambarkan. Hal tersebut penting guna mengetahui bagaimana siswa dalam mengembangkan alur sehingga menghasilkan cerpen yang menarik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui struktur alur cerpen yang ditulis siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang dan kategori alur yang ditemukan dalam cerpen karya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pembantu berupa tabel pedoman analisis. Prosedur pengumpulan data berupa dokumentasi. Penelitian menggunakan tiga tahap analisis data yaitu (1) tahap persiapan (2) penganalisisan dan (3) penyimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan (1) memeriksa ulang hasil kodifikasi dan hasil penelitian sesuai dengan teori (2) membaca dan menganalisis teks cerpen secara berulang-ulang dan cermat dan (3) melakukan diskusi dengan teman sejawat. Tahap yang dilalui dalam penelitian ini adalah (1) tahap persiapan (2) pelaksanaan dan (3) penyelesaian. Temuan penelitian menunjukkan adanya (1) cerpen dengan struktur alur lengkap dan cerpen dengan struktur alur tidak lengkap (2) cerpen dengan alur progresif dan cerpen dengan alur sorot balik (3) cerpen dengan alur tunggal dan cerpen dengan alur paralel (4) cerpen dengan alur padat dan cerpen dengan alur longgar dan (5) cerpen dengan alur peruntungan cerpen dengan alur tokohan dan cerpen dengan alur pemikiran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak semua cerpen mempunyai struktur alur yang lengkap. Pada umumnya siswa menggunakan alur dengan struktur (pengenalan konflik komplikasi klimaks peleraian penyelesaian). Pada kategori alur berdasarkan urutan waktu siswa cenderung menggunakan alur progresif. Pada kategori alur berdasarkan jumlah penggunaan alur tunggal dan paralel cenderung seimbang. Pada kategori alur berdasarkan kepadatan siswa cenderung menggunakan alur padat. Pada kategori alur berdasarkan isi siswa lebih cenderung menggunakan alur peruntungan dan alur tokohan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142550

Actions (login required)

View Item View Item