Kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Yunita Mulia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Yunita Mulia Sari

Sari, Yunita Mulia (2016) Kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Yunita Mulia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Yunita Mulia. 2016. Kemampuan menulisteksceritabiografi melalui penggunaan media film pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum. Kata Kunci kemampuan menulis pembelajaran menulis teks cerita biografi media film. Teksceritabiografimerupakanriwayathidupseseorangatautokohyang ditulisoleh orang lain. Dalam menulis teks cerita biografi perlu memperhatikan arah penulisan tema dan pendekatan yang akan dipilih dalam penulisan. Pembelajaran menulis teks cerita biografi merupakan bentuk kreativitas untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita biografi karya siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripstif dengan desain kuantitatif. Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang tahun ajaran 2015-2016. Sumber data penelitian ini adalah hasil karya siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua teknik yaitu (1) tes tulis dan (2) rubrik penilaian. Peneliti melakukan pengamatan terlebih dahulu pada pembelajaran menyusun teks cerita biografi untuk mengetahui kemampuan siswa di kelas. Hasil penelitian ini berupa kemampuan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 9 Malang. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga aspek sesuai dengan tujuan penelitian yaitu aspek struktur isi dan bahasa.Pada aspek struktur diketahuibahwasemuasiswa (100%) berhasilmencapai KKM. Rinciannya sebanyak 8siswa (26%) berhasilmendapatkanskor 4 dengankualifikasiSangatBaik.Kemudian sebanyak 11 siswa (36%) berhasilmendapatkanskor 3 dengankualifikasiBaik.Selanjutnya sebanyak 11 siswa (36%) berhasilmendapatkanskor 2 dengankualifikasiCukup. Pada aspek isi diketahuibahwasemuasiswa (100%) berhasilmencapai KKM. Rinciannya sebanyak 13siswa (43%) berhasilmendapatkanskor 4 dengankualifikasiSangatBaik.Kemudian sebanyak 17 siswa (57%) berhasilmendapatkanskor 3 dengankualifikasiCukup. Pada aspek bahasa diketahuibahwatidaksemuasiswaberhasilmencapai KKM. Persentasesiswa yang belumberhasilmencapai KKM lebihbesardaripadapersentasesiswa yang mencapai KKM.Dari hasilskor di atas ditemukanbahwasiswa yang berhasilmencapai KKM hanyamencapai 36% atausebanyak 11 siswa. Dari sebelassiswatersebut hanya 1 siswa (3%) yang mencapaikualifikasiSangatBaikdan 10 siswa (33%) mencapaikualifikasiBaik. Sementaraitu persentasesiswa yang lebihbesar yakni 63% darikeseluruhansiswaatausebanyak 19 siswa yang belumberhasilmencapai KKM danmasihtergolongkualifikasiRendah. Saran penelitian ditujukan bagi siswa guru dan peneliti selanjutnya.Pertama bagi guru disarankanuntuktidakterpakupadasatubukupegangan melainkanperlupenambahaninformasiumumpadabuku lain terkaitdenganpembelajaranmenyusunteksceritabiografi. Selainitu guru juga disarankanuntukmemperhatikanpengelolaankelasuntukmembangkitkanfokusbelajarsiswa.Kedua bagisiswa disarankanuntukmenambahpengetahuanmateritentangmenulisteksceritabiografidarisumber-sumberlain sepertibukupengetahuan lain tentangmenulisteksceritabiografi internet dan lain-lain. Selainitu siswadisarankanuntukmenggunakan media lain sebagaireferensibelajarmengenaimenulisteksceritabiografi seperti video pembelajaran bukucerita dan lain-lain.Ketiga bagipenelitilain disarankanuntukmelakukanpenelitianselanjutnyamengenaiketerampilanmenulisteksceritabiografimelaluipenggunaan media yang berbedauntukdapatmengetahuikemampuanmenulisteksceritabiografisiswa.Hasilpenelitianinidapatdijadikansebagaipenambahwawasanpenelitiselanjutnyakarenadapatmemberikanpengalamanbarudalampemecahanmasalah yang berkaitandenganpembelajaranmenulisteksceritabiografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142549

Actions (login required)

View Item View Item