Pengaruh strategi 3M (Memilih, Merangkai, dan Membagikan) terhadap kemampuan menyimak teks eksplasi siswa SMP / Miftakhul Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi 3M (Memilih, Merangkai, dan Membagikan) terhadap kemampuan menyimak teks eksplasi siswa SMP / Miftakhul Ulfa

Ulfa, Miftakhul (2016) Pengaruh strategi 3M (Memilih, Merangkai, dan Membagikan) terhadap kemampuan menyimak teks eksplasi siswa SMP / Miftakhul Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Miftakhul. 2016. Pengaruh Strategi 3M (Memilih Merangkai dan Membagikan) terhadap Kemampuan Menyimak Teks Eksplanasi Siswa SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Nurhadi M.Pd (II) Drs. Pidekso Adi M.Pd. Kata Kunci Strategi 3M (Memilih Merangkai dan Membagikan) kemampuan menyimak dan teks eksplanasi Pembelajaran menyimak teks eksplanasi perlu diajarkan untuk meng-optimalkan kemampuan menyimak siswa SMP. Pembelajaran menyimak dapat terlaksana dengan optimal jika guru dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat.Penelitian ini menggunakan Strategi 3M (Memilih Merangkai dan Membagikan) untuk diterapkan dalam pembelajaran menyimak teks eksplanasi. Strategi 3M adalah rancangan pembelajaran yang diadaptasi dari strategi Think Pair Share (TPS) untuk kepentingan proses pembelajaran menyimak yang terdiri dari kegiatan materi metode dan teknik melalui tahap memilih merangkai dan membagikan.Strategi TPS diadaptasi menjadi Strategi 3M dengan tujuan agar siswa tidak mengandalkan jawaban atau informasi dari rekan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi 3M (Memilih Merangkai dan Membagikan) terhadap kemampuan menyimak teks eksplanasi siswa SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Control Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sample.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dari 8 kelas jumlah kelas ke-seluruhan. Dua kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas VII-A dijadikan kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Pemilihan dua kelas dengan pertimbangan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang hampir sama. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Tahap penelitian yang dilakukan sebagai berikut.Pertama pemberian pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan awal siswa menyimak teks eksplanasi. Kedua pemberian perlakuan berupa Strategi 3M pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan. Ketiga pemberian postes kepada kelas eksperimen dan kontrol. Keempat data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Strategi 3Mterhadap kemampuan menyimak teks eksplanasi siswa SMP secara keseluruhan dengan rincian sebagai berikut.Pertama ada pengaruh signifikan Strategi 3Mterhadap kemampuan menyimak teks eksplanasi siswa SMP pada aspek isi. Kedua tidak ada pengaruh signifikan Strategi 3M terhadap kemampuan menyimak teks eksplanasi siswa SMP pada aspek bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142548

Actions (login required)

View Item View Item