Ramadhani, Putri Caesar (2016) Gagasan dalam teks nonsastra karya siswa SDN Purwantoro IV Malang / Putri Caesar Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ramadhani Putri Caesar. 2015. GagasandalamTeksNonsastraKaryaSiswa SDN Purwantoro IV Malang.Skripsi.JurusanSastra Indonesia UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. H. Nurhadi M.Pd (II) Prof. Dr.Suyono M.Pd. Kata Kunci produktivitas gagasan teksnonsastra Menulismerupakansuatuketerampilanberbahasa yang harusdimilikiolehsiswa.Dengankegiatanmenulis siswabisamenuangkangagasan yangiamilikidalambentuktulisan. Gagasanjugasebagaimanifestasipemahamansiswaterhadapkonteksmaupuninformasi yang akanditulisataudisampaikan. Penyajiangagasanberpengaruhterhadaptersampaikannyainformasisertapemahamanpembacaterhadapisiteks. Gagasan yang dimilikisiswamerupakan modal utamauntukmelakukankegiatanmenulis.Beragamkesulitandialamiolehsiswa khususnyajenjangsekolahdasaruntukmemunculkangagasan di awalpenulisan terlebihdalampenulisanteksnonsastrakarenagagasan-gagasanpadateksnonsastrabersumberdarifakta-fakta yang adadanreal. Fokuspenelitianiniadalahragamgagasandalamteksnonsastra yang ditulisolehsiswa SDN Purwantoro IV Malang.Gagasan-gagasanpadakarangantersebutdilihatdariberbagaiaspek yaituproduktivitasgagasan kualitasgagasan variasigagasan polapengembangangagasan. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitiankualitatifkajianteks.Sumber data dalampenelitianiniadalahkaranganSiswa SDN Purwantoro IV Malang sedangkan data penelitianberupa kata-kata kalimat danparagrafdalamkarangantersebut.Pengumpulan data dilakukandenganpemberiantugaspadasiswa yaituberupamenulisteksnonsastra.Instrumenpenelitianyang digunakandalampenelitianiniadalahlembarkerjasiswadantabelanalisis data.Kegiatananalisis data diawalidenganreduksi data sesuaidenganketentuaninstrumen kodifikasikarangan klasifikasi data berdasarkanlembarkerja analisisdata berdasarkanrumusanmasalahdanpenyimpulan.Pengecekankeabsahan data dalampenelitianinidilakukandengancaratriangulasi yaitu (1) mencarireferensi (2) konsultasidenganahliataupakar dan (3) diskusidengantemansejawat. Simpulan yang diperolehdalampenelitianiniadaempatbutir.Pertama berdasarkanproduktivitasgagasan siswa paling produktifmenghasilkangagasanpadasaatmenulisteksnonsastradengantopikbebas.Kedua berdasarkankualitasgagasan adatigarincian yaitu (1) kejelasangagasansiswadalammenulisteksnonsastradisampaikandenganjelasdandinyatakandalamsatukalimat (2) kerinciangagasansiswadalammenulisteksnonsastradisampaikandenganrincidenganbeberapakalimatpenjelas (3) kepaduangagasansiswadalammenulisteksnonsastradisampaikansecarakohesifdankoheren. Ketiga berdasarkanvariasigagasan siswacenderungtidakmenggunakanvariasidalammenulisteksnonsastra.Akan tetapi daribeberapakarangansiswatetapditemukanbeberapavariasigagasan variasigagasan yang dominanadalahvariasisinonim kata.Keempat berdasarkanpolapengembangangagasan siswalebihdominanmengembangkanparagrafnyamenggunakanpolaumum khusus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |