Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media video klip lagu penyanyi Tulus pada siswa kelas XI TKJ 3 di SMK Negeri 12 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Novi Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media video klip lagu penyanyi Tulus pada siswa kelas XI TKJ 3 di SMK Negeri 12 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Novi Indriani

Indriani, Novi (2016) Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media video klip lagu penyanyi Tulus pada siswa kelas XI TKJ 3 di SMK Negeri 12 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Novi Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriani Novi. 2015. PeningkatanKemampuanMenulisCerpenMelalui Media Video KlipLaguPenyanyiTulusPadaSiswaKelasXI TKJ 3 SMK Negeri 12 Malang TahunAjaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. YuniPratiwi M.Pd. Kata Kunci Peningkatan MenulisCerpen Media Video Klip Keberhasilan suatu tujuan pembelajaran menulis kreatif ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah faktor pemilihan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran juga bermanfaat agar siswa lebih antusias dan termotivasi untuk belajar. Hamallik (dalam Arsyad 2002 15) menyatakan bahwa pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru membangkitkan motivasi dan rangsangan (stimulus) kegiatan belajar dan memberikan pengaruh psikologis pada siswa. Dalam pembelajaran menulis cerpen media yang dapat digunakan sangat bervariasi bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Media yang bisa digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen bisa berasal dari hasil cetakan elektronik maupun objek langsung. Media puisi prosa drama serta bisa juga berupa gambar. Rekaman elektronik bisa berupa rekaman suara dan rekaman peristiwa baik berupa video maupun film. Sedangkan objek langsung dapat ditemui di lingkungan sekitar dengan mengamati secara langsung objek yang dijadikan media.Media video klip lagu penyanyi Tulus memudahkan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kemudahan dalam mengambangkan alur dengan peristiwa yang runtut dn menarik serta kemudahan untuk mengembangkan ide berdasarkan cerita dalam video yang ditayangkan. Selain itu penggunaan media video klip lagu penyanyi Tulus juga dapat meningkatkan kreativitas dan keaktifan siswa dalam menulis cerpen terlihat dari perilaku siswa yang sebelumnya tampak bingung dan kurang antuisias menjadi bersemangat untuk menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan ini digunakan karena berlangsungnya penelitian dilaksanakan secara alamiah. Proses pembelajaran tersebut dilakukan secara alami dan apa adanya. Moleong (2002 6) menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik secara deskriptif dalam bentu kata-kata dan penelitian tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran menulis kemudian secara deskriptif hasil dari penelitian tersebut dilaporkan. Peneliti secara langsung terlibat dalam penelitian ini dengan bantuan guru sebagai partner dalam kegiatan pembelajaran menulis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berbentuk investigasi bersifat reflektif partisipatif dan kolaboratif yang mempunyai tujuan untuk melakukan perbaikan sistem metode kerja proses isi kompetensi dan situasi disampaikan oleh Arikunto (2009 104). Proses penelitian tindakan kelas direncanakan dalam dua siklus.Dalam penelitian ini peneliti dan guru sebagai kolaborator terlibat langsung dari awal hingga akhir proses penelitian. Tujuan dari penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional pendidikan dalam menangani proses belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas dirancang dalam empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pada dasarnya penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Akan tetapi jumlah dan bentuk tindakan pada setiap siklus sangat bergantung pada kondisi di lapangan. Siklus 1 dirancang berdasarkan interpretasi dan refleksi dari kegiatan studi pendahuluan. Siklus II atau siklus selanjutnya dirancang berdasarkan informasi dari siklus 1 atau siklus sebelumnya. Keputusan tentang berakhirnya suatu siklus bergantung pula pada kebutuhan lapangan. Jika siklus 1 sudah berhasil maka tidak perlu diadakan siklus II namun jika siklus 1 belum berhasil maka perlu adanya siklus 2 dan seterusnya. Peningkatan proses pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip lagu Tulus dilakukan siswa secara penuh dalam pembelajaran menulis cerpen. Pada tahap pratulis kondisi kelas lebih aktif dengan bertambahnya jumlah siswa yang memberikan pendapat mengajukan serta menjawab pertanyaan. Siswa tampak sangat antusia saat menyaksikan tanyangan video yang diputarkan siswa tampak serius dalam berdiskusi mengidentifikasi isi video dan siswa bersemangat dalam mengembangkan hasil identifikasi isi video menjadi kerangka cerpen terbukti dari hasil kerangka cerpensiswa yang menggambarkan rangkaian peristiwa yang runtut dan menarik.Pada tahap tulis siswa tampak lebih serius dalam mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen yang utuh dan padu siswa lebih teliti dalam memperhatikan tanda baca dan ejaan yang digunakan untuk cerpen mereka. Pada tahap pasca tulis siswa lebih bersemangat dalam menyunting dan memberikan komentar yang membangun untuk cerpen milik teman sesuai dengan format yang diberikan oleh guru. Semangat siswa juga tampak ketika guru meminta siswa untuk mempublikasikan cerpen hasil karya mereka di depan kelas. siswa dengan semangat mengajukan diri untuk membacakan cerpen hasil karyanya tanpa harus ditunjuk oleh guru. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dari kegiatan siklus 1 hingga siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media video klip lagu penyanyi Tulus dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI TKJ 3 SMK Negeri 12 Malang. Secara keseluruhan peningkatan kemampuan menulis cerpen terlihat pada jumlah siswa berkategori sangat baik meningkat dari 33 33% pada siklus 1 menjadi 43 33% pada siklus II dan tidak ada siswa berkategori cukup pada siklus II (berkurang dari 10% pada siklus 1).Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan acuan bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip lagu penyanyi Tulus sebagai media pembelajaran dan yang kedua penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi peneliti berikutnya pada pembelajaran menulis puisi menulis drama dan keterampilan berbahasa yang lain dengan media video klip lagu penyanyi Tulus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142546

Actions (login required)

View Item View Item