Kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan film bisu sebagai sumber ide siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang / Rully Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan film bisu sebagai sumber ide siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang / Rully Farida

Farida, Rully (2016) Kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan film bisu sebagai sumber ide siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang / Rully Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farida Rully. 2016. Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Film Bisu sebagai Sumber Ide Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd (II) Dr. Hj. S. Ch. Hamidah M.Pd Kata kunci kemampuan menuliskreatif naskah drama film bisu. Keterampilanmenulisnaskah drama merupakansalahsatuketerampilanbidangsastra yang diajarkanpadatingkatan SMA. Menulisnaskah drama ikutmemberisumbanganpadapendidikanberkarakterdanpemerolehanpengalamanhumanitas. Ketikamenulisnaskah drama siswamengeksplorasipengalamankehidupandanimajinasinyakedalamnaskah drama yang ditulis. Hal tersebutberpengaruhpadapenciptaan ide cerita alur latar dialog tokohsertakarakter yang dibuatolehsiswa. Menulisnaskah drama jugamemberisumbangandalampengembangankemampuanmenulis. Siswadapatmengembangkankemampuanmengolah kata mengolahkalimat menyusunparagraf-paragrafnarasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kemampuan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang dalam menulis naskah drama dengan menggunakan film bisu sebagai sumber ide. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahrancangandeskriptifkuantitatif. populasipenelitianadalahsiswakelasXI IPA SMA Negeri 9 Malang. Sampelpenelitianadalahsiswa kelas XI IPA 6 yang berjumlah 26 siswa. Data penelitian ini berupa skor menulis naskah drama dengan menggunakan film bisu sebagai sumber ide yang diperoleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang. Instrumen penelitian berupa tes dan rubrik penilaian menulis naskah drama. Untukmemperoleh data yang diperlukan penelitimemberikantesmenulisnaskah drama denganmenggunakan film bisu sebagai sumber ide. Pemberian skor dilakukan dengan metode analitik yaitu memberikan skor terhadap aspek-aspek dalam menulis naskah drama. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini meliputi tema karakterisasi latar alur dan dialog. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul dengan langkah-langkah berikut (1) persiapan (2) tabulasi (3) penerapan. Hasil analisis kemampuan siswa dalam mengembangkan tema naskah drama dengan kualifikasi tema sangat baik sebanyak 6 siswa (25%) kualifikasi tema baik sebanyak 17 siswa (70 8%) kualifikasi tema cukup sebanyak 1 siswa (4 2%) kualifikasi tema kurang sebanyak 0 siswa (0%). Kemampuan dalam aspek karakterisasi naskah drama dengan kualifikasi karakterisasi sangat baik sebanyak 9 siswa (37 5%) kualifikasi karakterisasi baik sebanyak 9 siswa (37 5%) kualifikasi karakterisasi cukup sebanyak 6 siswa (25%) kualifikasi karakterisasi kurang sebanyak 0 siswa (0%).Kemampuan mengembangkan latar dalam naskah drama dengan kualifikasi latar sangat baik sebanyak 19 siswa (79 2%) kualifikasi latar baik sebanyak 5 siswa (20 8%) dan tidak terdapat siswa yang masuk ke dalam kualifikasi cukup dan kurang. Kemampuan mengembangkan alur dalam naskah drama dengan kualifikasi alur sangat baik sebanyak 9 siswa (37 5%) kualifikasi alur baik sebanyak 6 siswa (25%) kualifikasi alur cukup sebanyak 9 siswa (37 5%) tidak terdapat siswa yang masuk ke dalam kualifikasi kurang. Kemampuan mengembangkan dialog dalam naskah drama dengan kualifikasi dialog sangat baik sebanyak 4 siswa (16 7%) kualifikasi dialog baik sebanyak 20 siswa (83 3%) tidak terdapat siswa yang masuk ke dalam kualifikasi cukup dan kurang.Berdasarkanpaparantersebut dapatdisimpulkansiswakelas XI IPA SMA Negeri 9 Malang memilikikemampuanmenulisnaskah drama dengankualifikasibaik. Informasi yang diperolehdarihasilpenelitianinidiharapkandapatdigunakan guru untukmengetahuidanmemahamikondisisiswasertadapatmemberikanperhatianlebihterhadapsiswa yang belummamputerutamadalampembelajaranmenulisnaskah drama. Selainitu informasidarihasilpenelitianinijugadapatmemacusemangat guru untukmeningkatkankemampuanmenulisnaskah drama denganberbagaisumber ide dan media pembelajaran.Hasilpenelitianinidapatdigunakan siswa untuk memacusemangatdalammeningkatkannilainya. Saran bagi peneliti lain hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaibahanrujukanselanjutnyauntukmenelitilebihlanjutmengenaikemampuanmenulisnaskah drama denganmacam-macamsumber ide dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142543

Actions (login required)

View Item View Item