Pola penulisan struktur teks cerita moral fabel karya siswa SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2015/2016 / Risqi Eka Susetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola penulisan struktur teks cerita moral fabel karya siswa SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2015/2016 / Risqi Eka Susetya

Susetya, Risqi Eka (2016) Pola penulisan struktur teks cerita moral fabel karya siswa SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2015/2016 / Risqi Eka Susetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susetya Risqi Eka. 2016. Pola Penulisan Struktur Teks Cerita Moral Fabel Karya Siswa SMP Negeri 15 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Titik Harsiati M.Pd. (II) Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata Kunci teks cerita moral fabel pola struktur teks cerita moral fabel Teks cerita moral fabel merupakan teks yang berisikan cerita binatang yang mengandung nilai moral. Binatang dalam teks cerita moral fabel digambarkan seperti manusia baik sifat perilaku maupun kehidupannya. Struktur teks cerita moral fabel terdiri dari lima bagian yaitu (1) judul (2) orientasi (3) komplikasi (4) resolusi dan (5) koda. Pada setiap struktur teks cerita moral fabel tersebut dapat ditemukan pola penulisannya. Pola penulisan struktur teks fabel adalah pengelompokan penulisan masing-masing struktur berdasarkan persamaan ciri penulisannya. Analisis pola pada penulisan setiap struktur teks cerita moral fabel sangat penting untuk menemukan teori pilihan atau alternatif dalam penulisan teks cerita moral fabel sehingga dapat menambah khasanah ilmu dalam penulisan setiap struktur teks cerita moral fabel. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pola penulisan pada setiap bagian dalam struktur teks cerita moral fabel karya siswa SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Peneliti sebagai instrumen utama atau instrumen kunci dalam penelitian berfungsi dalam perumuskan masalah penetapan sumber data pengumpulkan data hingga tahap analisis data dan pelaporan hasil penelitian. Data pada penelitian ini berupa paragraf pada setiap bagian dalam struktur yang bersumber dari teks cerita moral fabel karya siswa kelas VIII C dan kelas VIII D SMP N 15 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Paragraf yang memuat bagian dalam struktur teks cerita moral fabel diklasifikasi dan diidentifikasi berdasarkan instrumen pola setiap bagian teks cerita moral fabel untuk menemukan pola-pola yang terdapat pada setiap bagian teks cerita moral fabel karangan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini terdapat beberapa pola penulisan pada setiap bagian dalam struktur teks cerita moral fabel sebagai berikut. Pertama pada bagian judul dalam teks cerita moral fabel terdapat empat pola penulisan yaitu (1) judul berupa nama tokoh utama dan tokoh lain (2) judul berupa nama dan karakter tokoh (3) judul berupa kata benda dan nama tokoh dan (4) judul nama tokoh dan kata kerja. Kedua pada bagian orientasi dalam teks cerita moral fabel karya siswa ditemukan dua belas pola penulisan yaitu (1) latar w pengenalan tokoh kegiatan tokoh ditemukan lima data (2) latar w latar t pengenalan tokoh kegiatan tokoh ditemukan tiga data (3) latar w latar t pengenalan tokoh ditemukan lima data (4) latar w pengenalan tokoh kegiatan tokoh latar t ditemukan lima data (5) latar w latar t latar s ditemukan enam data (6) latar w pengenalan tokoh ditemukan dua data (7) latar w pengenalan tokoh latar t ditemukan dua data (8) latar w latar t latar s pengenalan tokoh ditemukan tiga data (9) latar w latar s pengenalan tokoh kegiatan tokoh ditemukan satu data (10) latar w latar s pengenalan tokoh latar t ditemukan satu data (11) latar w latar s latar t pengenalan tokoh kegiatan tokoh ditemukan satu data dan (12) latar w kegiatan tokoh pengenalan tokoh ditemukan satu data. Ketiga pada bagian komplikasi dalam teks cerita moral fabel karya siswa ditemukan tiga pola penulisan (1) peristiwa tidak mengenakkan tokoh kontak nonfisik kontak fisik ditemukan sembilan belas data (2) kontak fisik kontak nonfisik kontak fisik ditemukan dua data dan (3) kontak nonfisik kontak fisik (adu ketangkasan) ditemukan empat belas data. Keempat pada bagian resolusi dalam teks cerita moral fabel karya siswa ditemukan dua jenis penulisan resolusi yaitu (1) resolusi yang terdapat konjungsi akhirnya dan (2) resolusi tanpa konjungsi akhirnya . Jenis resolusi 1 yang terdapat konjungsi akhirnya ditemukan tujuh pola yaitu (a) konjungsi akhirnya T.A. kalah T.A minta maaf (b) konjungsi akhirnya T.P. menang T.A. minta maaf (c) konjungsi akhirnya T.A. kalah T.A. langsung pergi (d) konjungsi akhirnya T.P. menang T.A langsung pergi (e) konjungsi akhirnya T.P. menang T.A. bertobat (f) konjungsi akhirnya T.P. menang dan (g) konjungsi akhirnya T.A. kalah. Jenis resolusi 2 yang tanpa konjungsi akhirnya ditemukan lima pola yaitu (a) T.P. menang T.A. minta maaf (b) T.A. kalah T.A. minta maaf (c) T.A. kalah T.A. langsung pergi (d) T.P. menang T.A. bertobat dan (e) T.A. kalah T.A. bertobat. Kelima pada bagian koda dalam teks cerita moral fabel karya siswa ditemukan dua pola penulisan koda yaitu (1) berisikan pesan untuk tidak melakukan sesuatu negatif ditemukan dua puluh lima data dan (2) berisikan pesan untuk melakukan sesuatu yang positif ditemukan tiga data. Berdasarkan jumlah temuan masing-masing pola bagian teks cerita moral fabel dalam penelitian ini ditemukan kecenderungan pola yang digunakan siswa yaitu (1) judul berupa nama tokoh utama dan tokoh lain (2) orientasi berupa latar w latar t latar s (3) komplikasi berupa peristiwa tidak mengenakkan tokoh kontak nonfisik kontak fisik (4) resolusi berupa konjungsi akhirnya T.A. kalah T.A minta maaf dan (5) koda yang berisikan pesan untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat berupa larangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk menggunakan metode menulis yang lebih variatif dan mampu memancing kreativitas siswa dalam menulis teks cerita moral fabel. Kepada peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian kepada objek atau ruang lingkup yang lebih luas dan menguasai penulisan teks cerita moral fabel sehingga dimungkinkan akan muncul pola-pola pengembangan strukur teks cerita moral fabel yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142542

Actions (login required)

View Item View Item