Kesalahan penggunaan bahasa dan teknik penulisan dalam makalah mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggun Margaretha S.P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan bahasa dan teknik penulisan dalam makalah mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggun Margaretha S.P.

Margaretha S.P., Anggun (2016) Kesalahan penggunaan bahasa dan teknik penulisan dalam makalah mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggun Margaretha S.P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Margaretha S.P. Anggun. 2016. KesalahanPenggunaanBahasadanTeknikPenulisandalamMakalahMahasiswaJurusan Tata BusanaUniversitasNegeri Malang Angkatan2014.Skripsi JurusanPendidikanBahasaSastra Indonesia dan Daerah FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam AgusBasuki M.Pd. (II) Dr. H. Nurhadi M.Pd. Kata Kunci kesalahanpenggunaanbahasa teknikpenulisan makalah Penggunaanbahasadanteknikpenulisanmenjadiaspek yang sangatpentingdanharusdiperhatikandalammenulismakalah.Penggunaanbahasa yang benarbertujuanuntukmemudahkanpembacadalammemahamimaksuddaripenulisnya.Makalahyang denganbahasa yang kurangtepatakansulitdipahamiolehpembacanya. PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankesalahanpenggunaanbahasadanteknikpenulisandalammakalahmahasiswaJurusan Tata BusanaUniversitasNegeri Malang 2014.Kesalahanpenggunaanbahasameliputikesalahanpilihan kata kesalahanpengembangankalimat kesalahanpengembanganparagraf dankesalahanpenggunaanejaan.Kesalahanteknikpenulisanmeliputikesalahanpenulisanrujukandankesalahanpenulisandaftarrujukan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdandisusundenganrancanganpenelitiandeskriptif.Instrumenutamaadalahpenelitidanalatbantuberupapanduananalisis data. Sumber data penelitianiniadalahmakalahmahasiswaJurusan Tata BusanaUniversitasNegeri Malang 2014.Data penelitianiniberupa (1) kesalahanpemilihan kata (2) kesalahanpengembangankalimat (3) kesalahanpengembanganparagraf (4) kesalahanpenggunaanejaan (5) kesalahanpenulisanrujukan dan (6) kesalahanpenulisandaftarrujukan.Proses pengumpulan data dalampenelitianinidilakukandenganmenggunakanteknikdokumentasi. Prosedurpengumpulan data yang digunakanadalahmeminjamdokumenmakalahmahasiswadaridosenpengampu.Analisis data yang dilakukanmeliputi proses identifikasi kategorisasi pengodean penyajian data penarikansimpulan. Berdasarkantemuanpenelitian diperolehenamhasilpenelitian.Pertama kesalahanpilihan kata meliputipilihan kata tidakbakudanpilihan kata yang tidakserasi. Kedua kesalahanpengembangankalimatmeliputikalimattidaklengkap kalimattidakhemat dankalimatambigu.Ketiga kesalahanpengembanganparagrafmeliputiketidakpaduanparagrafdanparagraftidaklengkap.Keempat kesalahanejaanmeliputi (1) kesalahanpenggunaanhurufkapitaldisebabkankalimattidakdiawalidenganhurufkapital unsurnamadiritidakmenggunakanhurufkapital danunsurnamageografitidakmenggunakanhurufkapital (2) penggunaantandatitikdisebabkantandatitiktidakdigunakanpadaakhirkalimat (3) penggunaantandakomadisebabkantidakdigunakanuntukmemisahkanunsurperincian (4) penggunaantandahubungdisebabkantidakdigunakanpada kata ulang (5) pemakaianhuruf miring disebabkantidakdipakaiuntukmenuliskan kata dalambahasadaerahataubahasaasing dan (6) penulisan kata depandi-. Kelima kesalahanpenulisanrujukanmeliputimencantumkangelarpengarang pengulangannamapengarang dankesalahanpenulisanrujukanempatpuluh kata. Keenam kesalahanpenulisandaftarrujukanmeliputidaftarrujukantidakdisusunsecaraalfabetis penulisanjudulbukutidakdicetak miring danpenulisandaftarrujukandari internet berupakarya individual. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadapengampumatakuliahbahasa Indonesia keilmuan agar lebihmemerhatikanpenyampaianmateripenggunaanbahasa khususnyapemilihan kata pengembanganparagraf penggunaanhuruf miring penggunaanhurufkapital danpenggunaantandakoma. Dosendapatmenentukanlangkah-langkahpembelajaranuntukmeningkatkanketepatanpenggunaanbahasamahasiswa.Selainitu diharapkandosenpengampumemeriksakembalipenggunaanbahasadanteknikpenulisandalammakalahhasilpekerjaanmahasiswa. Hal tersebutdilakukan agar mahasiswadapatmelakukanperbaikanpada proses belajarmengajarpertemuanselanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142541

Actions (login required)

View Item View Item