Kemampuan menulis tembang macapat Dhandhanggula siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek / Aditya Candra Ermada - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis tembang macapat Dhandhanggula siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek / Aditya Candra Ermada

Ermada, Aditya Candra (2016) Kemampuan menulis tembang macapat Dhandhanggula siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek / Aditya Candra Ermada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ermada Aditya Candra. 2015. Kemampuan Menulis Dhandhanggula Siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. (2) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci tembang macapat tembang Dhandhanggula menulis Tembang Macapat merupakan salah satu ciri khas masyarakat Jawa. Di setiap sekolah telah diajarkan mata pelajaran bahasa Jawa dengan salah satu fokus pembelajarannya diarahkan pada pembentukan watak masyarakat yang sesuai dengan isi filosofi Tembang Macapat. Dalam tembang macapat terdapat unggah-ungguhJawa yang diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat pemiliknya. Pemilihan tembang macapat Dhandhanggula dalam penelitian ini dikarenakan tembang macapat Dhandhanggula sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi siswa di SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek tersebut. Tembang macapat Dhandhanggula merupakan salah satu tembang yang menjadi pokok dalam penelitian ini. Pemilihan tembang macapat Dhandhanggula berdasarkan kemudahan pemilihan isi pemilihan bentuk suku katanya dan terutama disebabkan karena sekolah tersebut merupakan sekolah yang mampu meraih prestasi di lingkup kabupaten provinsi dalam hal membuat tembang maupun menembangkan tembang macapat Dhandhanggula. Dengan demikian dapat mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis tembang macapat Dhandhanggula siswa SMP kelas VIII dilihat dari aspek Guru Lagu Guru Gatra dan Guru Wilangan tembang Dhandhanggula. Jenis penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus yang memiliki tujuan untuk mengkaji kasus fenomena kemampuan menulis tembang macapat Dhandhanggula siswa SMP di SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek. Menulis sendiri merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa disamping keterampilan menyimak berbicara dan membaca. Proses penguasaan keterampilan menulis berada pada tatanan akhir setelah seseorang menguasai keterampilan menyimak berbicara dan membaca. Setelah semua data terkumpul dilakukan analisis data.Dalam analisis ini perangkat yang digunakan untuk menganalisis data adalah karya siswa dengan instrumen analisis data yang terdiri dari kelengkapan kecocokan kebenaran tulisan (huruf pasangan) sesuai dengan guru lagu guru wilangan dan guru gatra tembang macapat Dhandhanggula. Hasil yang diperoleh penelitian ini lebih berpusat pada hasil kerja siswa berupa karya tulis tembang macapat Dhandhanggula yang sesuai dengan struktur fisik dan struktur batin tembang macapat Dhandhanggula. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Penggunaan struktur fisik dalam tembang macapat Dhandhanggula karya siswa SMP kelas VIII ini sebagian besar sesuai dengan kaidah penulisan tembang macapat Dhandhanggula. Sedikit sekali siswa yang hasil karya nya tidak sesuai dengan kaidah penulisannya. Seperti jumlah guru gatra guru lagu dan guru wilangan tembang macapat Dhandhanggula. Pemilihan diksi citraan rima dan irama larik atau baris serta bait sebagian besar siswa mampu mengaplikasikannya dalam menulis tembang macapat Dhandhanggula ini. Sama halnya dengan struktur fisik penggunaan struktur batin dalam tembang macapat Dhandhanggula karya siswa SMP kelas VIII ini sebagian besar telah memenuhi syarat penulisan tembang macapat Dhandhanggula. Pemilihan dan penggunaan tema rasa nada dan amanat secara garis besar siswa mampu menuangkannya dalam karya siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan saran kepada tiga pihak. Pertama kepada kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di lingkungan sekolah disarankan untuk mengupayakan dan menggunakan metode penulisan tembang macapat Dhandhanggula yang dapat menunjang pembelajaran menulis tembang macapat Dhandhanggula dan memberikan dukungan kepada guru untuk meningkatkan kreativitas dalam mengajar menulis tembang macapat. Kedua guru mata pelajaran Bahasa Jawa disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran menulis tembang macapat yang bervariasi agar pembelajaran menulis tembang macapat menjadi menarik dan tidak membosankan. Ketiga peneliti berikutnya disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap kegiatan pembelajaran menulis tembang macapat dengan metode penelitian atau dengan rumusan masalah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142540

Actions (login required)

View Item View Item