Praharwati, Dyan Wahyuning (2016) Pengembangan strategi CERDAS (cermati, Diskusi, Aplikasi, dan Sunting) dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi untuk siswa kelas VII SMP / Dyan Wahyuning Praharwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Praharwati Dyan Wahyuning. 2015. Pengembangan Strategi Cerdas (Cermati Diskusi Aplikasi dan Sunting) dalam Pembelajaran Menyusun Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurchasanah M.Pd dan (II) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata kunci strategi Cerdas pembelajaran menyusun teks eksplanasi Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa pembelajaran menyusun teks eksplanasi mengalami beberapa kendala. Pembelajaran menyusun teks eksplanasi di sekolah tersebut masih dilaksanakan secara konvensional dan deduktif. Pembelajaran konvensional dan deduktif menimbulkan kejenuhan dan menurunkan minat siswa terhadap pembelajaran meyusun teks eksplanasi. Selain itu kendala pembelajaran menyusun teks eksplanasi di lapangan yaitu (1) siswa masih tergantung pada guru hal ini berarti siswa sangat bergantung pada arahan dari guru (2) siswa kurang antusias dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi dan (3) penanaman karakter siswa kurang dalam penerapan pada pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Guru memerlukan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi hambatan dan mendukung kelancaran pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Guru memerlukan strategi yang dapat (1) mengarahkan siswa belajar secara mandiri (2) meningkatkan minat siswa (3) mendorong siswa bersikap aktif dan (4) mendorong siswa berpikir kritis. Beberapa hal tersebut memberikan pertimbangan strategi pembelajaran untuk pembelajaran menyusun teks eksplanasi perlu dikembangkan agar tujuan pembelajaran menyusun teks eksplanasi dapat tercapai secara optimal. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan prototipe strategi Cerdas dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP dan (2) mendeskripsikan kelayakan strategi Cerdas dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan prosedural Borg dan Gall. Tahapan-tahapan penelitian pengembangan prsedural Borg dan Gall diadaptasi menjadi tujuh tahap. Ketujuh tahap prosedur penelitian ini yakni (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli dan uji praktisi (5) revisi hasil uji ahli dan uji praktisi (6) uji lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Uji produk melibatkan ahli menulis menghasilkan rata-rata kelayakan produk sebesar 86 37% ahli pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 88 04% praktisi 88 89% dan siswa 88 67%.Berdasarkan hasil uji yang melibatkan ahli dan praktisi produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan. Di samping itu terdapat beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahlidan praktisi. Uji lapangan dengan melibatkan siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang dimaksudkan untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi Cerdas yang diterapkan dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah strategi Cerdas yang dikembangkan berdasarkan pendekatan saintifik menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan untuk menerapkan strategi Cerdas sehingga kendala-kendala dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi dapat teratasi. Siswa disarankan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran karena strategi Cerdas dapat membantu menumbuhkembangkan kemampuan mereka dalam kompetensi menyusun teks eksplanasi serta dapat menumbuhkan karakter berupa sikap aktif berpikir kritis dan mandiri. Prosedur penelitian pengembangan strategi pembelajaran ini dapat menjadi pedoman bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa. Pengembang lain disarankan untuk mengembangkan strategi yang lebih baik. Selanjutnya penyebarluasan produk dapatdilakukan melalui beberapa cara yaitu (1) produkdapat disebarluaskan melalui sosialisasi pada MGMP Bahasa Indonesia (2) produk dapat disebarluaskan melalui pihak penerbitan buku yang kemudian dapat dikomersialkan di took buku dan (3) produk dapat disebarluaskan dengan memanfaatkan media internet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |