Swari, Rhisma Ratna (2016) Kemampuan menyimak kreatif cerita pendek peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang / Rhisma Ratna Swari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Swari Rhisma Ratna. 2016. Kemampuan Menyimak Kreatif Cerita Pendek Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd. (II) Dra. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci menyimak menyimak kreatif cerita pendek. Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang pertama kali di lakukan oleh seseorang. Kegiatan menyimak memiliki peran penting bagi peserta didik. Akan tetapi saat ini pembelajaran menyimak di sekolah kurang mendapat perhatian. Kegiatan menyimak dalam penelitian ini menggunakan cerita pendek sebagai bacaan yang disimak dan jenis menyimaknya adalah menyimak kreatif. Salah satu kegiatan dalam menyimak kreatif yang akan dijadikan fokus penelitian yakni untuk mencapai pemecahan masalah sekaligus memeriksa dan menguji hasil pemecahannya. Secara umum penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan me-nyimak kreatif cerita pendek peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang. Tujuan secara khusus yaitu mengetahui kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah moral sosial dan religi dalam contoh kasus sehari-hari berdasarkan cerita pendek yang disimak. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Malang pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 320 orang. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VII I dan kelas VII J dengan jumlah keseluruhan 61 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes objektif yang berjumlah 30 butir soal. Pada tahap pengumpulan data peserta didik di-perdengarkan potongan-potongan cerita pendek melalui rekaman satu hingga dua kali agar peserta didik benar-benar memahami isi cerita. Kemudian memberikan pertanyaan berupa soal pilihan ganda yang telah dibuat oleh peneliti untuk diselesaikan oleh peserta didik. Data penelitian ini berupa skor yang hasil penskorannya akan dianalisis serta dideskripsikan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam me nyimak kreatif cerita pendek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak kreatif peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang secara umum dikategorikan kurang kreatif dengan persentase 52 40% dengan nilai rata-rata 15 72. Kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang secara khusus dalam menyelesaikan atau me mecahkan masalah moral dalam contoh kasus sehari-hari berdasarkan cerita pendek yang disimak termasuk dalam kategori cukup kreatif dengan persentase sebesar 55 9%. Kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang me-nyelesaikan atau memecahkan masalah sosial dalam contoh kasus sehari-hari berdasarkan cerita pendek yang disimak termasuk dalam kategori kurang kreatif dengan persentase sebesar 55 2%. Kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 2 Malang menyelesaikan atau memecahkan masalah religi dalam contoh kasus sehari-hari berdasarkan cerita pendek yang disimak termasuk dalam kategori kurang kreatif dengan persentase sebesar 46 1%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk lebih memperhatikan proporsi keterampilan menyimak khususnya me nyimak kreatif dalam pembelajaran. Selain itu disarankan kepada peneliti lanjutan untuk mengembangkan tes menyimak dan membuat media yang dapat membantu meningkatkan kemampuan me nyimak khususnya menyimak kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |