Risdianingrum, Indah (2016) Pengaruh penggunaan experiential learning terhadap kemampuan mengonversi teks cerpen ke dalam naskah drama siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian / Indah Risdianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Risdianingrum Indah. 2016. Pengaruh Penggunaan Experiential Learning Terhadap Kemampuan Mengonversi Teks Cerpen Ke Dalam Naskah Drama Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krian.Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Siti Cholisotul Hamidah M.Pd. Pembimbing (II) Musthofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata kunci mengonversi cerpen naskah drama experiential learning. Mengonversi teks merupakan salah satu bagian dari menulis. Mengonversi teks adalah mengubah suatu bentuk teks satu ke dalam bentuk teks yang lain. Mengonversi teks cerpen ke dalam naskah drama merupakan salah satu pembelajaran mencipta naskah drama. Pembelajaran menulis pada dewasa ini sangatlah rendah. Hal tersebut dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif. Strategi pembelajaran yang dipercaya memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengonversi adalah experiential learning. Experiential learning adalah pemerolehan pengetahuan dan keterampilan serta pembentukan sikap melalui pengalaman konkret-langsung. Penggunaan strategi ini bertujuan agar siswa merasakan unsur dramatik teks secara langsung sehingga tidak sekedar hanya berimajinasi.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh experiential learning terhadap kemampuan mengonversi teks cerpen ke dalam naskah drama. Rancangan penelitian ini mengguakan metode kuantitatif. Desain penelitian menggunakaneksperimen semu yang dilaksanakan pada sampel kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB) SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo berjumlah 17 siswa.Data pada penelitian ini adalah skor yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yang berupa tes mengonversi oleh siswa. Instrumen penelitian untuk menentukan skor naskah drama siswa berdasarkan rubrik penilaian. Analisis data akhir padapenelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa (1) penggunaan experiential learning berpengaruh terhadap kemampuan mengeonversi teks cerpen ke dalam naskah drama pada aspek penggambaran tokoh dan watak tokoh/karakterisasi (2) penggunaan experiential learning berpengaruh terhadap kemampuan mengonversi teks cerpen ke dalam naskah dramapada aspek pengembangan alur cerita (3) penggunaan experiential learning berpengaruh terhadap kemampuan mengonversi teks cerpen ke dalam naskah drama pada aspek pengembangan setting/latar dan (4) penggunaan experiential learning berpengaruh terhadap kemampuan mengeonversi teks cerpen ke dalam naskah drama secara keseluruhan. Aspek yang telah dianalisis tersebut terdapat aspek yang memiliki pengaruh penggunaan experiential learning terhadap kemampuan mengonversi teks cerpen ke dalam naskah drama yang signifikan. Aspek yang paling berpengaruh tersebut terdapat pada aspek pengembangan alur. Hasil penelitianexperiential learning ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran mengonversi tes cerpen ke dalam naskah drama oleh para guru di sekolah sehingga guru dapat menggunakan secara intensif kegiatan experiential leraning di kelas. Siswa dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran mengonversi teks. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat sebagai acuan dan bahan rujukan serta bagi penyusun buku yang berkenaan dengan materi kepenulisan naskah drama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |