Pengembangan media MS. Power Point untuk pembelajaran memahami dan memproduksi teks ulasan film/drama bagi siswa SMA kelas XI / Desi Arum Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media MS. Power Point untuk pembelajaran memahami dan memproduksi teks ulasan film/drama bagi siswa SMA kelas XI / Desi Arum Sari

Sari, Desi Arum (2016) Pengembangan media MS. Power Point untuk pembelajaran memahami dan memproduksi teks ulasan film/drama bagi siswa SMA kelas XI / Desi Arum Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Desi Arum. 2015. Pengembangan Media MS. Power Point untuk Pembelajaran Memahami dan Memproduksi Teks Ulasan Film/Drama bagi Siswa SMA Kelas XI. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata Kunci pengembangan media media pembelajaran teks ulasan film/drama. Pengembangan media adalah suatu kegiatan atau proses mengembangkan media. Media dapat didefinisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima pesan. Kompetensi memproduksi teks ulasan film/drama dalam penelitian ini lebih ditujukan pada kemampuan menulis teks ulasan film/drama. Studi pendahuluan dilakukan melalui kegiatan wawancara pada guru dan siswa. Wawancara yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur. Tujuan khusu penelitain dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan produk awal yang berupa media pembelajaran memahami dan memproduksi teks ulasan film/drama untuk siswa SMA kelas XI (2) mendeskripsikan hasil uji ahli dan uji lapangan penggunaan media pembelajaran memahami dan memproduksi teks ulasan film/drama untuk siswa SMA kelas XI dan (3) mendeskripsikan revisi produk yang berupa media pembelajaran memahami dan memproduksi teks ulasan film/drama untuk siswa SMA kelas XI. Model peneletian dan pengembangan mengadaptasi dari peneltian dan pengembangan Borg dan Gall. Desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) persiapan uji lapangan (5) revisi produk pertama (6) uji lapangan pertama (7) revisi produk operasional (8) uji pelaksanaan lapangan (9) revisi produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Sedangkan desain penelitian dan pengembangan ini memodifikasi desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall tersebut. Desain penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis karakter dan kebutuhan siswa (2) menghasilkan produk awal (3) uji ahli materi ahli media dan uji lapangan serta (4) menghasilkan produk akhir. Hal ini dilakukan peneliti karena waktu penelitian yang terbatas. Berdasarkan hasil uji coba produk yang dilakukan pada ahli materi ahli media praktisi dan siswa diperoleh skor yang berbeda-beda. Data numerik dan verbal dari hasil uji coba produk dijabarkan sebagai berikut. Ahli materi memberikan skor 87 5% untuk subaspek kedalaman materi 91 66% untuk subaspek tinjauan materi 91 66% untuk subaspek keakuratan materi 83 33% untuk subaspek penggunaan bahasa dan 91 66% untuk subaspek tampilan dan tata letak. Ahli materi juga memberikan komentar dan saran bahwa struktur isi dan ciri bahasa belum nampak pada contoh teks ulasan film/drama serta belum adanya penanda benar dan salah dalam hasil jawaban siswa. Ahli media memberikan nilai 83 33% untuk subaspek keinteraktifan 100% untuk sistematika 75% untuk subaspek bahan penarik minat siswa dan 91 66% untuk subaspek penyajian. Praktisi memberi nilai 87 5% untuk subaspek kedalaman materi 91 66% untuk subaspek keakuratan materi 87 5% untuk subaspek soal evaluasi 100% untuk subaspek tinjauan kurikulum 100% untuk subaspek tinjauan pembelajaran 87 5% untuk subaspek keinteraktifan dan 83 33% untuk subaspek penggunaan bahasa. Subjek uji coba memberikan nilai 85% untuk subaspek materi 77 5% untuk contoh yang disajikan 92 5% untuk kesesuaian latihan soal dengan bahasan 85% untuk kemudahan latihan soal yang disajikan dan 90 63% untuk subaspek bahan penarik minat siswa. Hasil pengembangan media pembelajaran dari aspek isi menghasilkan kedalaman materi keakuratan materi contoh dan latihan yang sesuai dengan materi. Materi yang disajikan meliputi definisi teks ulasan film/drama struktur isi film/drama ciri bahasa film/drama dan tujuan atau fungsi sosial teks ulasan film/drama. Media pembelajaran dirancang dengan sistematika yang terstruktur. Media pembelajaran juga dirancang dengan bahasa yang formal dan komunikatif sesuai dengan bahasa pembelajaran. Media pembelajaran menghasilkan tampilan judul media dan desain isi media dengan komposisi warna dan pemberian musik pendukung yang menarik minat siswa. Penyebarluasan produk media pembelajaran memahami dan memproduksi dapat melalui (1) jurnal penelitian dan (2) forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142522

Actions (login required)

View Item View Item