Penggunaan bahasa argumentatif dalam teks diskusi bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 8 malang tahun pelajaran 2015/2016 / Dessy Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan bahasa argumentatif dalam teks diskusi bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 8 malang tahun pelajaran 2015/2016 / Dessy Anggraini

Anggraini, Dessy (2016) Penggunaan bahasa argumentatif dalam teks diskusi bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 8 malang tahun pelajaran 2015/2016 / Dessy Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Dessy. 2016. Penggunaan Bahasa Argumentatif dalam Teks Diskusi Bahasa Indonesia Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr. Sunaryo HS S.H. M.Hum. Kata kunci penggunaan bahasa pernyataan alasan pendukung kesimpulan teks diskusi Salah satu bagian dari penggunaan bahasa yakni kegiatan berargumentasi. Pada kegiatan pembelajaran kegiatan berargumentasi sangat penting untuk dilakukan. Diskusi merupakan bagian dari kegiatan berargumentasi. Kini diskusi dalam bentuk tulis sudah terintegrasi dalam kurikulum 2013. Teks diskusi merupakan teks baru dalam kurikulum 2013. Penggunaan bahasa adalah hal penting yang perlu dikuasai seseorang untuk dapat terampil dalam kegiatan menulis. Berdasarkan observasi pendahuluan diketahui bahwa kegiatan menulis merupakan kegiatan yang dirasa sulit dan belum dikuasai oleh siswa. Bertolak dari penggunaan bahasa dan pentingnya penguasaan keterampilan menulis maka dipilihlah topik penelitian yakni analisis penggunaan bahasa dalam teks diskusi karya siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Malang. Topik tersebut memuat tiga fokus penelitian yakni (1) bahasa yang menyampaikan pernyataan terkait topik (2) bahasa yang menyampaikan alasan pendukung dan (3) bahasa yang menyampaikan kesimpulan dalam teks diskusi karya siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dan merupakan jenis penelitian studi teks. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan teks diskusi siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Malang. Data penelitian ini yakni bahasa yang terdapat dalam penyampaian pernyataan alasan pendukung dan kesimpulan dalam tiga puluh satu teks diskusi karya siswa. Instrumen dalam penelitian ini yakni peneliti sebagai instrumen kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) pedoman analisis teks diskusi dan tabel analisis teks diskusi. Tahap pelaksanaan meliputi tahap pengumpulan data tahap analisis data tahap pegecekan keabsahan data dan tahap penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama bahasa yang menyampaikan pernyataan dalam teks diskusi karya siswa (1) seluruhnya merupakan opini pendapat atau evaluasi subjektif penulis (2) terdapat pernyataan yang belum memuat isu atau masalah (3) pilihan kata yang digunakan sudah menggambarkan dan sesuai dengan topik diskusi yang dipilih (4) banyak menggunakan modalitas berisi kemungkinan dan keharusan (5) banyak ditemukan konjungsi perbandingan dan pertentangan dalam teks diskusi karya siswa dan (6) memiliki bentuk pernyataan berupa definisi pendapat umum ungkapan ekspresif sajian masalah pertanyaan perbandingan mengungkapkan seluruh aspek mengungkapkan sebagian aspek dan mengungkapkan satu aspek. Kedua bahasa yang menyampaikan alasan pendukung dalam teks diskusi karya siswa (1) terdiri atas alasan pendukung yang berisi dukungan dan alasan pendukung yang berisi penolakan atau menentang (2) belum seluruhnya berisi data fakta atau referensi (3) selain konjungsi perbandingan dan pertentangan banyak ditemukan konjungsi penyebaban dalam teks diskusi karya siswa (4) banyak menggunakan kata yang bertentangan atau berlawanan (5) alasan pendukung teks diskusi karya siswa memiliki bentuk berupa perbandingan contoh hubungan sebab akibat dan pengalaman penulis. Ketiga bahasa yang menyampaikan kesimpulan dalam teks diskusi karya siswa (1) menggunakan kata dan istilah yang tepat serta memuat konjungsi yang bertentangan atau berlawanan (2) memiliki lima bentuk berupa penegasan ulang ringkasan saran atau rekomendasi harapan dan jalan tengah yang tidak memihak. Saran yang terkait untuk penelitian ini adalah (1) penyampaian pernyataan belum seluruhnya berupa isu atau masalah. Maka sebaiknya siswa diajarkan untuk merumuskan pernyataan berupa isu atau masalah yang dapat bersumber dari pengamatan langsung di sekitar lingkungan tempat tinggal siswa koran televisi rangsang peristiwa dll (2) pada penyampaian alasan pedukung masih belum tampak data fakta dan referensi acuan. Maka sebaiknya dalam proses penulisan teks diskusi siswa diajarkan untuk mencari data fakta atau referensi sehingga dapat mendukung pernyataan isu. (3) keterampilan merumuskan kesimpulan teks diskusi siswa terus ditingkatkan sehingga siswa semakin mahir membuat kesimpulan. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142521

Actions (login required)

View Item View Item