Pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan menyunting teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pandaan / Anna Cristi Lassari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan menyunting teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pandaan / Anna Cristi Lassari

Lassari, Anna Cristi (2016) Pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan menyunting teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pandaan / Anna Cristi Lassari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lassari Anna Cristi. 2016. PengaruhPenerapan Model PembelajaranJigsaw terhadapKemampuanMenyuntingTeksDiskusiSiswaKelas VIII SMP Negeri 2 Pandaan. Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. KusubaktiAndajani S.Pd. M.Pd. Pembimbing (II) Drs. PideksoAdi M.Pd. Kata kunci menyunting teksdiskusi model pembelajaran Jigsaw. Menyuntingadalah proses untukmenyempurnakansebuahteks agar sesuaidengantatabahasadanstrukturteks yang baikdanbenar. Salah satu model pem belajaranyang dapatmembuatsiswaaktifadalah model pembelajaran Jigsaw.Model pembelajaran Jigsaw memilikibeberapakelemahan-kelemahan.Perluada nyavariasi model pembelajaran Jigsaw untukmeminimalkanmunculnyakele mahan-kelemahan Jigsaw saatditerapkan.Model pembelajaran Jigsaw perludiva riasikanagar lebihsesuaidengankegiatanmenyunting. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapan model pembelajaran Jigsaw terhadapkemampuanmenyuntingteksdiskusisiswakelas VIII SMP.Jenispenelitianadalahkuantitatif.Metodepenelitianadalahmetodeeksperimensemu.Subjekpenelitianadalahsiswakelas VIII SMP Negeri 2 Pandaan.Instrumenpenelitianadalahsoalpretes soalpostes danrubrikpeni laian.Data dianalisisujinormalitas homogenitas danujihipotesismeng gunakanSPSS 21.0 for Windows. Berdasarkanpengolahan data hasilpenelitiandapatdiketahuisebagaiberi-kut.Ujinormalitas di kelaseksperimenmenghasilkannilaiKolmogorov-Sminorv0.087 dan di kelaskontrol 0.056.Nilaipretes di kelaseksperimendankelaskontroldinyatakan normal karenalebihdarittabel yaitu0.05.HasilIndependent Samples T Testmenunjukkan rata-rata nilaikelaseksperimenadalah 76.34 dan rata-rata kelaskontrol 20.06 sedangkannilai sig. sebesar 0.Hal inimenandakanbahwaadaperbedaannilai di kelaskontroldankelaseksperimen.Kelaseksperimenmempunyainilailebihbaikdilihatdaribesar rata-rata keduakelas.Nilaisig.padahasilIndependent Samples T Testteskemampuanmenyuntingwacana paragraf kalimat kata danejaankurangdari0.05.HasilIndependent Samples T Testpadakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanbahwaadaperubahanhasilpenilaian di kelaseksperimensedangkantidakadaperubahan yang signifikanpadanilaisubjekpenelitian di kelaskontrolkarena model pembelajaran Jigsaw tidakditerapkan di kelaskontrol. Berdasarkanhasilpenelitian guru Bahasa Indonesia hendaknyamenerap kan model pembelajaran Jigsaw untukmeningkatkankemampuanmenyunting.Jig saw memilikipengaturanpemusatanpembelajaranpadasiswa kegiatandisku si danpembagiantugas yang proposionaldankontinu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142520

Actions (login required)

View Item View Item