Muallamah, Durotul (2016) Peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan media feature biografi dalam surat kabar pada siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Malang / Durotul Muallamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muallamah Durotul. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Media Feature Biografi dalam Surat Kabar pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (II) Dr. Pidekso Adi M.Pd. Kata Kunci menulis cerita pendek unsur intrinsik proses dan hasil. Kemampuan menulis merupakan satu diantara empat keterampilan barbahasa yang digunakan sebagai media komunikasi. Menulis merupakan manifestasi kemampuan dan keterampilan berbahasa yang paling akhir dikuasai oleh pembelajaran bahasa setelah mendengarkan berbicara dan membaca. Salah satu kegiatan yang dilakukan pada pelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII adalah menulis teks cerpen yang terdapat pada Kompetensi Dasar 4.2 (KD 4.2). Menulis teks cerpen merupakan suatu proses melahirkan tulisan yang berbentuk karya sastra berupa kisah atau cerita yang menarik dan bermakna. Berkaitan dengan pembelajaran menulis cerpen perlu adanya media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar dan keberhasilan siswa dalam belajar. Media pembelajaran sangat perlu dihadirkan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa. Untuk mengatasi masalah pembelajaran menulis teks cerpen di SMP kelas VII salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan media feature biografi dalam surat kabar (surat kabar Kompas). Adanya feature biografi tersebut membantu siswa untuk menulis teks cerpen sebab di dalam feature biografi terdapat kisah perjalanan hidup seseorang. Dari kisah atau perjalanan hidup tersebut mengandung alur cerita yang dapat diubah para siswa menjadi cerpen. Alur cerita yang terdapat pada feature biografi digunakan para siswa untuk mempermudah dalam penulisan cerpen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil menulis cerpen menggunakan media feature biografi dalam surat kabar Kompas pada siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Malang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran menulis cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Analisis data proses pembelajaran siswa dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan cara mengumpulkan hasil menulis cerpen menggunakan media feature biografi pada surat kabar Kompas mengoreksi dan menentukan skor berdasarkan rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui bahwa penggunaan media feature biografi dalam surat kabar Kompas dapat meningkatkan proses dan hasil menulis cerpen siswa. Peningkatan proses siswa ditandai dengan meningkatnya tahap pemunculan ide pengembangan ide pelahiran ide dan penyempurnaan ide. Pada peningkatan proses ada sebanyak 29 siswa (85 3%) yang nilainya berada di atas KKM dan hanya 5 siswa (14 7%) yang nilainya berada di bawah KKM. Selain itu sikap siswa selama proses pembelajaran menulis cerpen juga mengalami peningkatan. Aspek-aspek siswa tersebut meliputi aspek keaktifan siswa kejujuran tanggung jawab dan kedisiplinan. Hampir seluruh siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil menulis cerpen menggunakan media feature biografi dalam surat kabar Kompas dapat dilihat dari 5 aspek yaitu (1) tema (2) penokohan (3) latar (4)alur dan (5) sudut pandang.Pada peningkatan hasil menulis cerpen menunjukkan bahwa sebanyak 34 siswa (100%) nilainya sudah berada di atas KKMdan tidak adayang nilainya berada di bawah KKM. Dengan demikian media feature biografi dalam surat kabar Kompas dapat membantu siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Malang dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut temuan pada penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan atau pertimbangan untuk merencanakan pembelajaran di kelas menggunakan media feature biografi pada surat kabar Kompas.Penelitian ini juga dapat dimanfaatkanuntuk menarik minat dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |