Kurniawati, Fida (2016) Kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Fida Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawati Fida. 2016. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci kemampuan menulis teks eksplanasi struktur teks eksplanasi ciri bahasa teks eksplanasi Menulis merupakan sebuah proses atau kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berpikir teratur yang kemudian diungkapkan ke dalam bahasa tulis. Pembelajaran menulis diajarkan mulai jenjang SMP kelas VII tersirat dalam KD 4.2 Menyusun teks hasil observasi tanggapan deskriptif eksposisi eksplanasi dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Dalam kurikulum 2013 ada berbagai jenis teks yang mempunyai ciri tersendiri berbeda dengan teks lain. Salah satu teks yang dipelajari di kelas VII SMP adalah teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang penjelasan atau proses terjadinya suatu peristiwa baik fenomena alam maupun sosial.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Secara khusus penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur teks yang meliputi judul pernyataan umum deret penjelas dan penutup. Kedua untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi berdasarkan bahasa teks yang meliputi istilah teknis konjungsi sebab akibat kalimat penjelas dan ejaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri12 Malang berjumlah 276 siswa. Sementara sampel yang digunakan berjumlah 68 siswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII D dan VII E. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik (random) acak kelas. Instrumen penelitian berupa perintah penugasan menulis teks eksplanasi dan panduan penilaian yang berupa panduan penilaian kemampuan menulis berdasarkan struktur teks eksplanasi dan panduan kemampuan menulis berdasarkan ciri bahasa teks eksplanasi. Sumber data pada penelitian ini berupa hasil tes menulis teks eksplanasi siswa. Setelah dilakukan tes data diberi skor pada tiap-tiap aspek yang diteliti kemudian diolah dengan menggunakan teknik persentase. Kemudian skor tersebut diklasifikasikan berdasarkan kualifikasi kemampuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh dua kesimpulan. Kesimpulan yang pertama bahwa sebanyak 73 53% dari 68 siswa sudah mampu menulis teks eksplanasi berdasarkan aspek struktur. Kesimpulan kedua sebanyak 61 77% dari 68 siswa sudah mampu menulis teks eksplanasi berdasarkan aspek bahasa. Kualifikasi kemampuan tersebut berdasarkan nilai yang dijadikan patokan yaitu 75 Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Malang yaitu 75. Berikut rincian kualifikasi kemampuan siswa menulis teks eksplanasi. Berdasarkan struktur teks sebanyak 25 siswa (36 76%) mendapatkan kualifikasi sangat mampu 25 siswa (36 76%) mendapatkan kualifikasi mampu 11 siswa (16 18%) mendapatkan kualifikasi kurang mampu dan 7 siswa (10 30%) mendapatkan kualifikasi belum mampu. Berdasarkan kaidah bahasa teks sebanyak 22 siswa (32 35%) mendapatkan kualifikasi sangat mampu 20 siswa (29 41%) mendapatkan kualifikasi mampu 13 siswa (19 12%) mendapatkan kualifikasi kurang mampu dan 13 siswa (19 12%) mendapatkan kualifikasi belum mampu. Berdasarkan hasil penelitian disampaikan saran kepada guru dan peneliti selanjutnya. Pertama guru hendaknya lebih memperhatikan proses evaluasi untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Selain itu dalam proses pembelajaran guru hendaknya selalu mengingatkan siswa ketika menulis teks agar mencermati keruntutan struktur ketepatan bahasa serta penggunaan ejaan dalam tulisan siswa. Kemudian guru berupaya untuk memberi materi yang bisa membantu pemahaman siswa. Kedua bagi peneliti selanjutnyaagar meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis teks eksplanasi perlu ditingkatkan pada aspek struktur dan bahasa khususnya pada aspek bahasa. Ketika menulis siswa seringkali tidak memperhatikan kaidah penulisan yang benar untuk itu perlu dilakukan penelitian yang mampu meningkatkan kemampuan siswa baik menggunakan metode strategi ataupun pengembangan media pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |