Andani, Satriya Apri (2016) Peningkatan kemampuan menulis teks ekspalanasi menggunakan variasi media audio visual pada siswa kelas VII SMPN 11 Malang / Satriya Apri Andani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andani Satriya Apri. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Variasi Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII SMPN 11 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci menulis teks eksplanasi media audio visual SMPN 11 Malang Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang paling kompleks. Kegiatan menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam seluruh proses belajar yang dialami siswa selama menuntut ilmu di sekolah. Banyak siswa yang belum mampu menulis dengan benar khususnya dalam teks eksplanasi. Hal ini dapat dilihat pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 11 Malang yang masih rendah kemampuannya dalam menulis teks eksplanasi. Masalah-masalah yang dihadapi siswa meliputi kurang aktifnya siswa siswa lebih banyak berbicara dibandingkan dengan mengerjakan tugas siswa lebih banyak melakukan keusilan dan mengganggu temannya dalam proses pembelajaran. Siswa juga belum memahami struktur teks eksplanasi dan belum dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana proses terjadinya suatu fenomena sehingga hasil menulisnya belum maksimal. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan perbaikan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi yaitu dengan menggunakan variasi media audio visual. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu (1) proses pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan variasi media audio visual pada siswa kelas VII-F SMPN 11 Malang (2) hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan variasi media audio visual pada siswa kelas VII-F SMPN 11 Malang ditinjau dari (a) pengembangan judul (b) pengembangan isi pernyataan umum (c) pengembangan isi deretan penjelas dan (d) pengembangan isi interpretasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua tahap berdasarkan hasil refleksi yaitu siklus I dan siklus II. Alasan dilakukannya dua siklus yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil menulis teks eksplanasi menggunakan variasi media audio visual. Penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari teknik tes dan nontes. Data tes diperoleh dari hasil tes yang berupa menulis teks eksplanasi sedangkan data nontes diperoleh dari observasi catatan lapangan dokumentasi dan wawancara. Data-data yang diperoleh baik data tes dan data nontes kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi perubahan dalam interaksi siswa pada aspek sikap. Sikap siswa menjadi lebih positif dari siklus I ke siklus II. Aspek sikap tersebut meliputi sikap keaktifan kejujuran perhatian dan percaya diri. Hal tersebut dikarenakan penggunaan variasi media audio visual pada proses pembelajaran dapat mengarahkan sikap siswa ke arah yang lebih positif. Hasil menulis teks eksplanasi siswa yang ditinjau dari aspek struktur judul pernyataan umum deretan penjelas dan interpretasi juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dikarenakan penggunaan variasi media audio visual memberikan informasi faktual dalam menulis teks eksplanasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan dua hal. Pertama terjadi peningkatan pada proses pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan variasi media audio visual. Peningkatan tersebut ditinjau dari aspek sikap dalam interaksi siswa yaitu (1) keaktifan (2) perhatian (3) kejujuran dan (4) percaya diri. Sikap siswa mengalami perubahan menjadi lebih positif setelah diberikan tindakan oleh peneliti. Siswa lebih aktif dan antusias dalam menulis teks eksplanasi menggunakan variasi media audio visual. Kedua terjadi peningkatan pada hasil menulis teks eksplanasi siswa menggunakan variasi media audio visual. Peningkatan hasil tersebut ditinjau dari empat aspek yakni (1) pengembangan judul (2) pengembangan isi pernyataan umum (3) pengembangan isi deretan penjelas dan (4) pengembangan isi interpretasi. Peningkatan rata-rata dari studi pendahuluan sebesar 69 94 ke siklus I sebesar 73 adalah 3 06. Sementara itu peningkatan rata-rata dari siklus I sebesar 73 ke siklus II sebesar 83 91 adalah 10 91. Dari hasil penelitian tersebut maka peneliti merekomendasikan dua saran. Pertama pada proses pembelajaran menulis teks eksplanasi dua hal yang perlu diperhatikan yaitu (1) bagi guru hendaknya menggunakan variasi media audio visual bertema fenomena alam dan sosial pada pembelajaran menulis teks eksplanasi karena terbukti dapat mendorong siswa ke sikap yang lebih positif hendaknya guru juga mencari video lain untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep proses terjadinya fenomena (2) bagi siswa disarankan untuk memperkaya wawasan mengenai proses terjadinya fenomena alam dan fenomena sosial ketika menyaksikan variasi media audio visual yang ditayangkan oleh guru. Kedua pada hasil pembelajaran dua hal yang perlu diperhatikan yaitu (1) bagi guru hendaknya menggunakan variasi media audio visual bertema fenomena alam dan sosial pada pembelajaran menulis teks eksplanasi karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa variasi media audio visual dapat menambah informasi faktual yang memudahkan siswa dalam menulis teks eksplanasi (2) bagi peneliti lain disarankan untuk meneliti kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan media lain yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan atau pembanding dalam melakukan penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |