Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagfu anak-anak pada siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar / Nurin Ariska Sirod - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagfu anak-anak pada siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar / Nurin Ariska Sirod

Sirod, Nurin Ariska (2016) Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagfu anak-anak pada siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar / Nurin Ariska Sirod. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sirod Nurin Ariska. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Lagu Anak-anak pada Siswa Kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar.Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci menulis puisi media lagu anak-anak pembelajaran menulis puisi Kegiatan menulis puisi merupakan kegiatan menulis kreatif. Pada pelaksanaannya pembelajaran menulis puisi masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut dapat diatasi apabila guru dapat menggunakan kreativitasnya dalam pembelajaran menulis puisi. Salah satu bentuk kreativitas guru adalah dengan memafaatkan media pembelajaran. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media lagu anak-anak yang digunakan sebagai stimulus siswa dalam menemukan ide ketika menulis puisi. Pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lagu anak-anak ini dilakukan dengan langkah-langkah yang akan memudahkan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil menulis puisi siswa dengan menggunakan media lagu anak-anak pada siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar yang berjumlah 26 siswa. Data proses dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dengan guru kelas V observasi catatan lapangan dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Data hasil dalam penelitian ini berupa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagu anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lagu anak-anak dapat meningkatkan pembelajaran dan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar. Pada proses pembelajaran siswa lebih aktif dalam mencari persamaan kata dan siswa juga lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran.Pada akhir pembelajaran siswa juga sudah lebih berani dan percaya diri untuk membacakan puisinya di depan kelas. Pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lagu anak-anak dilaksanakan dengan lima tahapan menulis kreatif yaitu tahap pramenulis tahap pengedrafan tahap perbaikan tahap penyuntingan dan tahap publikasi. Pada tahap pramenulis siswa mendengarkan lagu kemudian menentukan tema lagu. Pada kegiatan pengedrafan siswa mendaftar kata mengelompokkan kata-kata ke dalam kata benda kata kerja dan kata sifat kemudian mencari sinonimnya. Pada tahap perbaikan dan penyuntingan siswa membaca kembali puisinya untuk menemukan kesalahan ejaan tulisan atau penggunaan bahasa. Setelah itu siswa memperbaiki dan menyunting kesalahan yang telah ditemukan. Pada tahap publikasi siswa membacakan puisi di depan kelas dan menempelkan puisi pada mading kelas. Hasil penggunaan media lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek (1) menulis puisi baru berdasarkan tema lagu (2) menggunakan pilihan kata yang tepat (3) menggunakan penggambaran (4) menggunakan perulangan baik kata maupun bunyi (5)menentukan judul dan (6) panjang puisi. Pada aspek perbandingan belum ada peningkatan yang signifikan. Peningkatan tertinggi terdapat pada aspek penggambaran (citraan) yakni sebesar 42 31%. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil yang diperoleh pada siklus I sebesar 46 15% sedangkan siklus II sebesar 88 46% . Peningkatan terendah terdapat pada aspek diksi yakni sebesar 3 86%. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil yang diperoleh pada siklus I sebesar 96 15% sedangkan siklus II sebesar 92 30%. Peningkatan juga terlihat pada nilai rata-rata kelas. Peningkatan tersebut terlihat pada pra tindakan nilai rata-rata siswa yaitu 63 65% pada siklus I 68 46 % dan pada siklus II 76 5%. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian disarankan kepadabeberapa pihak. Pertama bagi guru kelas Vdiharapkan guru menggunakan media pembelajaran dalam menulis puisi salah satunya adalah media lagu anak-anak.Kedua bagi siswa hendaknya memanfaatka media lagu anak-anak dalam pembelajaran menulis puisi. Ketiga bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142499

Actions (login required)

View Item View Item