Tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar-mengajar kelas VIII SMPN 2 Malang / Erens Levian Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar-mengajar kelas VIII SMPN 2 Malang / Erens Levian Rahman

Rahman, Erens Levian (2016) Tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar-mengajar kelas VIII SMPN 2 Malang / Erens Levian Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahman Erens Levian. 2016. Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar-Mengajar Kelas VIII SMPN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ibrahim (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia SMPN 2 Malang Tindak tutur ekspresif dapat digunakan dalam dunia pendidikan yang penuturnya adalah guru. Guru bisa mengungkapkan perasaannya kepada siswa melalui tuturan pujian kritikan keluhan simpati ucapan selamat sehingga siswa dapat mengevaluasi diri sendiri berdasarkan tuturan ekspresif guru tersebut. Namun masih banyak guru yang tidak sadar tentang keberadaan tindak tutur ekspresif dalam interaksi belajar-mengajar di dalam kelas. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai tindak tutur ekspresif guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif jenis tindak tutur ekspresif dan modus tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang berorientasi pada teori pragmatik. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Malang. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu Maret sampai dengan April 2016. Data penelitian berupa data verbal yaitu tuturan guru dalam interaksi kelas. Sumber data adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII-A B G dan H SMPN 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi teknik rekam dan teknik pencatatan lapangan. Hasil pengumpulan data kemudian ditranskrip untuk dianalis. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan dengan mendengarkan kembali rekaman tuturan guru membaca kembali transkrip tuturan guru mendiskusikan temuan dengan teman sejawat serta mencocokkan kembali dengan teori yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bentuk jenis dan modus tindak tutur ekspresif. Bentuk tindak tutur ekspresif guru yang ditemukan yaitu (1) mengucapkan salam (2) menyalahkan (3) memuji dan (4) meminta maaf. Jenis tindak tutur ekspresif yang ditemukan yaitu jenis tindak tutur ekspresif dilihat dari segi kesesuaian modus kalimatnya dikelompokkan menjadi tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Jenis tindak tutur ekspresif dilihat dari segi kesesuaian maksud dengan makna kata yang menyusunnya dikelompokkan menjadi tindak tutur literal dan tindak tutur tidak literal. Modus tindak tutur ekspresif yang ditemukan yaitu (1) modus deklaratif (2) modus interogatif (3) modus imperatif. Secara umum dapat ditarik sebuah proposisi ilmiah bahwa dalam interaksi belajar-mengajar kelas VIII SMPN 2 Malang terdapat tindak tutur ekspresif berbentuk mengucapkan salam menyalahkan memuji dan meminta maaf yang dapat dikategorikan berdasarkan jenis yang sesuai modusnya meliputi tindak tutur langsung dan tidak langsung bermodus deklaratif interogatif dan imperatif serta jenis yang berdasarkan pada kesesuaian maksud dengan makna kata yang menyusunnya meliputi tindak tutur literal dan tidak literal. Proposisi ilmiah tersebut dapat digunakan calon peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang tindak tutur ekspresif lain yang digunakan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142493

Actions (login required)

View Item View Item