Rofiah, Ainun (2016) Pengaruh penggunaan media video faktual terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang / Ainun Rofiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rofiah Ainun. Pengaruh Penggunaan Media Video Faktual terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Martutik M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci media video faktual kemampuan menulis cerpen pembelajaran menulis cerpen. Menulis cerpen merupakan pembelajaran sastra yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan berlatih memahami pikiran perasaan dan sikap manusia seutuhnya. Pembelajaran menulis cerpen di SMP Negeri 11 Malang telah dilakukan oleh siswa kelas VII namun siswa masih kesulitan untuk menentukan ide cerita. Masalah kesulitan menentukan ide dapat diatasi dengan memberikan siswa berbagai pengalaman secara nyata dengan menggunakan media. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan adalah media video faktual. Media video faktual membantu siswa mendapatkan pengalaman lebih nyata mengenai peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi. Berdasarkan peristiwa nyata yang ditayangkan akan merangsang imajinasi siswa siswa seolah-olah dapat merasakan bahwa dia ada di dalam peristiwa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video faktual terhadap kemampuan membuat kerangka cerita (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media faktual terhadap kemampuan mengembangkan isi cerita (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video faktual terhadap kemampuan menciptakan tokoh dan mengembangkan dialog (4) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video faktual terhadap kemampuan penggunaan gaya bahasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII-B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelompok kontrol. Pengambilan kedua kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian meliputi variabel bebas yaitu media video faktual dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen siswa. Setelah dilakukan tes menulis cerpen data sampel diolah menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS 18.0 for windows dengan taraf signifikansi 0 05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media video faktual terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video faktual berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang dengan rincian bahwa media video faktual berpengaruh terhadap kemampuan (1) membuat kerangka cerita dengan nilai signifikansi 0 007
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |