Bentuk verba dalam karangan mahasiswa in country tingkat intermediate (madya) BIPA UM tahun 2015/2016 / Nur Hany Choirotinnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk verba dalam karangan mahasiswa in country tingkat intermediate (madya) BIPA UM tahun 2015/2016 / Nur Hany Choirotinnisa

Choirotinnisa, Nur Hany (2016) Bentuk verba dalam karangan mahasiswa in country tingkat intermediate (madya) BIPA UM tahun 2015/2016 / Nur Hany Choirotinnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choirotinnisa Nur Hany. 2016. Bentuk Verba Dalam Karangan Mahasiswa In Country Tingkat Intermediate (Madya) BIPA UM Tahun 2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M M.Pd. Kata Kunci verba jenis kata asal verba pembentukan verba Fokus penelitian ini yaitu penggunaan verba dilihat dari (1) Bentuk verba dalam karangan pebelajar In Country berdasarkan jenis kata asalnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berasal dari kata asal apa saja verba yang digunakan oleh mahasiswa. Selanjutnya (2) Bentuk verba dalam karangan pebelajar In Country berdasarkan proses pembentukannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bentuk asal verba dan pembentukan verba apa saja yang digunakan oleh mahasiswa. Pembentukan verba dapat dilakukan dengan tiga proses yaitu afiksasi reduplikasi dan pemajemukan. Pebelajar di kelas beginner maupun intermediate telah menguasai tata bahasa yang benar walaupun masih belum sempurna. Untuk itu perlu diketahui bagaimana penguasaan tata bahasa pebelajar termasuk penggunaan verba serta pembentukannya yang tepat. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan verba dan pembentukannya dalam kalimat pada karangan pebelajar kelas intermediate. Pemilihan tingkat intermediate ini berdasarkan pada lebih beragamnya penggunaan kosakata termasuk bentuk verba dalam karangan pebelajar tingkat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan merupakan penelitian yang menggunakan analisis teks yaitu karangan mahasiswa In Country. Prosedur pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan studi dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah kata kerja yang ditemukan dalam karangan mahasiswa sumber datanya adalah karangan pebelajar. Prosedur pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan mengumpulkan karangan-karangan pebelajar yang telah ada. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri sebagai peneliti dan pengolah data serta menggunakan (1) panduan kodifikasi data (2) panduan analisis data dan (3) tabel analisis data. Analisis datanya terdiri dari (1) tahap pengidentifikasian (2) tahap pengkodean dan (3) tahap pengklasifikasian data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi ahli dan teman sejawat. Tahap penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap persipan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penyelesaian Berdasarkan temuan penelitian terdapat dua hasil penelitian. Pertama ditemukan penggunaan kata benda dan kata sifat selain kata kerja asli sebagai kata kerja dalam karangan mahasiswa. Kedua ditemukan penggunaan afiks pada verba. Afiks yang yang digunakan oleh mahasiswa diantaranya adalah meN- meN-/-kan ber- meN-i di- di-/-kan ter- dan ber-/-an. Ditemukan penggunaan verba aktif dan ditemukan juga penggunaan verba pasif. Selanjutnya terdapat penggunaan verba transitif dalam karangan mahasiswa. Ditemukan pula penggunaan verba transitif (verba ekatransitif dan verba bitransitif) dan intransitif tetapi tidak terdapat verba semitransitif. Selain afiksasi mahasiswa juga menggunakan verba bereduplikasi dan verba majemuk dalam karangannya. Kesimpulan penelitian ini yaitu Jenis kata asal yang digunakan oleh pebelajar In Country adalah kata benda sifat dan keterangan selain kata kerja asli sebagai kata kerja dalam karangan pebelajar. Pada karangan pebelajar In Country ditemukan penggunaan afiks. Afiks yang digunakan oleh pebelajar diantaranya adalah meN- meN-/-kan ber- meN-i di- di-/-kan ter- dan ber-/-an. Ada pula penggunaan verba aktif dan pasif. Selanjutnya terdapat penggunaan verba transitif dalam karangan pebelajar. Ada penggunaan verba verba ekatransitif dan verba bitransitif. Kedua jenis verba tersebut juga termasuk dalam verba intransitif. Selanjutnya terdapat verba yang tidak membutuhkan nomina (verba intransitif). Ada juga penggunaan verba tidak lengkap verba semilengkap dan verba lengkap. Namun pada karangan tidak ditemukan penggunaan verba semitransitif. Selain afiksasi pebelajar juga menggunakan verba bereduplikasi dan verba majemuk dalam karangannya. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan tiga saran. Saran yang pertama Pengajar Pengajar dapat meminta pebelajar agar sering melatih penggunaan imbuhan pada verba yang telah diajarkan di kelas agar penggunaannya lebih maksimal. Kedua saran bagi pengembang bahan ajar yaitu dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan materi dan menambah materi penggunaan verba dan pembentukannya. Materi yang ditambahkan diharapkan dapat semakin memantapkan pemahaman pebelajar sehingga dapat menerapkannya dalam kalimat yang logis dan sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia. Ketiga bagi penyelenggara program supaya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi penyelenggara program BIPA dalam menentukan klasifikasi tingkatan pebelajar sesuai dengan kemampuan berbahasanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142487

Actions (login required)

View Item View Item