Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa kelas V SDN Ampelgading 01 / Yashinta Laras Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa kelas V SDN Ampelgading 01 / Yashinta Laras Wilujeng

Wilujeng, Yashinta Laras (2017) Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa kelas V SDN Ampelgading 01 / Yashinta Laras Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laras Yashinta. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Definisi pada Siswa Kelas V SDN Ampelgading 01.ProdiPendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (2) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata kunci menulis puisi teknik definisi Kemampuan menulis puisi bagi siswa sekolah dasar sangat penting agar siswa mampu mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan menggali kreativitas mereka dalam menciptakan karya sastra. Dengan penggunaan teknik yang tepat maka akan menciptakan karya yang bagus dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa kelas V SDN Ampelgading 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ampelgading 01 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi wawancara angket dan tes. Analisis data dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses penelitian digunakan dua siklus yang menjadi acuan peneliti untuk membuktikan peningkatan kualitas karya puisi siswa. Siklus I bertujuan mengenalkan penulisan puisi dengan menggunakan teknik definisi secara berkelompok. Sedangkan Siklus II menjadi acuan peneliti untuk menguatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menulis puisi menggunakan teknik definisi secara individu. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik definisi pada siswa yaitu siswa mampu menentukan tema sesuai dengan benda yang diamati menggunakan diksi yang tepat mampu menggunakan majas dengan baik mengembangkan kata-kata yang telah ditemukan menjadi sebuah puisi mudah merangkai kata menjadi sebuah puisi yang utuh dan menarik.Dengan adanya teknik definisi hasil menulis puisi siswa meningkat dari Siklus I ke II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142480

Actions (login required)

View Item View Item