Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai taman baca untuk kegiatan literasi akademik siswa SMKN di Kota Malang / Ekol Pambudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai taman baca untuk kegiatan literasi akademik siswa SMKN di Kota Malang / Ekol Pambudianto

Pambudianto, Ekol (2017) Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai taman baca untuk kegiatan literasi akademik siswa SMKN di Kota Malang / Ekol Pambudianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pambudianto Ekol. 2016. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Taman Baca untuk Kegiatan Literasi Akademik Siswa SMKN di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Dr. Martutik M. Pd. Kata Kunci perpustakaan sekolah taman baca literasi akademik Perpustakaan merupakan salah satu sarana pendidikan yang sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Kendala yang muncul dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa dapat menghambat pewujudan budaya literasi. Penguasaan literasi akademik siswa SMK sangat diperlukan di era ini mengingat persaingan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung sangat cepat. Siswa diharapkan memiliki kemampuan menemukan informasinya secara cepat mengevaluasi dan menggunakannya secara efektif. Oleh karena itu sangat beralasan apabila literasi akademik siswa di sekolah dikembangkan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh sekolah adalah dengan membiasakan siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai taman baca supaya kegiatan membaca-berpikir-menulis bisa diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah (2) peran perpustakaan sekolah sebagai taman baca dan (3) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai taman baca untuk kegiatan literasi akademik siswa SMKN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 03 Malang SMKN 04 Malang dan SMKN 08 Malang. Sumber data penelitian ini adalah 12 guru 6 petugas perpustakaan dan 94 siswa kelas X sebagai narasumber dokumen nilai raport siswa dan statistik pengunjung perpustakaan bulan Januari-Juli 2016. Instrumen pengambilan data meliputi pedoman observasi pedoman wawancara angket siswa dan pedoman analisis dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi observasi wawancara angket dan studi dokumentasi. Wujud data berisi deskripsi tiga fokus penelitian yaitu (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah (2) peran perpustakaan sekolah sebagai taman baca dan (3) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai taman baca untuk kegiatan literasi akademik siswa SMKN. Tahap analisis data yang dilakukan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMKN 03 Malang SMKN 04 Malang dan SMKN 08 Malang sudah dilakukan oleh guru dan siswa untuk proses belajar dan pembelajaran. Pemanfaata perpustakaan sekolah oleh guru dan siswa meliputi kegiatan membaca buku kegiatan meminjam bahan pustaka kegiatan belajar mengajar (KBM) dan kegiatan merangkum buku. Peran perpustakaan sekolah sebagai taman baca di SMKN 03 Malang SMKN 04 Malang dan SMKN 08 Malang sudah dimanfaatkannya oleh guru dan siswa untuk kegiatan membaca buku. Pewujudan perpustakaan sekolah sebagai taman baca di SMKN 03 Malang SMKN 04 Malang dan SMKN 08 Malang masih mengalami hambatan. Hambatan yang dihadapi adalah adalah minat membaca guru dan siswa yang masih rendah tempat kurang luas fasilitas belum mendukung kesulitan keuangan faktor pemimpin bahan pustaka belum bervariasi dan kurangnya dukungan antarguru serta siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai taman baca. Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai taman baca oleh siswa untuk kegiatan literasi akademik di SMKN 03 Malang SMKN 04 Malang dan SMKN 08 Malang berdampak pada nilai akademik siswa berkategori baik. Akan tetapi tidak semua siswa mendapatkan nilai baik karena memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk kegiatan literasi. Siswa yang jarang memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk membaca menulis dan meminjam buku nilai akademik tetap berkategori baik. Hal tersebut dikarenakan siswa membaca di rumah faktor guru mengajar dan faktor perilaku siswa. Kegiatan literasi tersebut diperlukan siswa di sekolah di rumah di dunia kerja dan di masyarakat. Melalui kegiatan berliterasi siswa dilatih untuk terbiasa mencari dan menemukan informasi memikirkan dan kemudian memanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kepentingan dalam kehidupannya. Hal tersebut menunjukan bahwa peran perpustakaan sekolah sebagai taman baca harus dilakukan dan ditingkatkan oleh siswa mengingat pentingnya posisi perpustakaan untuk pengembangan pengetahuan yang berdampak pada kemampuan akademik serta sebagai tempat membiasakan perilaku membaca-berpikir kritis-menulis yang merupakan inti dari literasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142463

Actions (login required)

View Item View Item