Elemen dan pola argumentasi Toulmin dalam teks pidato siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang tahun pelajharan 2016/2017 / Muhammad Irfan Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Elemen dan pola argumentasi Toulmin dalam teks pidato siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang tahun pelajharan 2016/2017 / Muhammad Irfan Fahmi

Fahmi, Muhammad Irfan (2018) Elemen dan pola argumentasi Toulmin dalam teks pidato siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang tahun pelajharan 2016/2017 / Muhammad Irfan Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahmi Muhammad Irfan. 2017. Elemen dan Pola Argumentasi Toulmin dalam Teks Pidato Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd Kata kunci elemen pola argumentasi teks pidato. Kurikulum 2013 menuntut siswa aktif menyuarakan pendapatnya. Pendapat siswa bisa dilakukan melalui tulisan maupun lisan. Pendapat secara tulis tersebut selanjutnya disebut karangan argumentasi. Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi argumen atau pendapat penulis mengenai suatu fenomena atau permasalahan yang disajikan dengan cara memberikan jawaban yang disertai alasan yang berisi data fakta ataupun pernyataan-pernyatan lain yang mendukung atau menentangnya. Pendapat yang dituangkan ke dalam tulisan bisa berupa karangan teks pidato yang pada dasarnya teks ini berisi tentang paparan informasi yang dilengkapi pendapat dan bukti berupa fakta. Terdapat sebuah model bahasan yang mendalam terkait argumen. Model tersebut adalah Model Argumen Toulmin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan elemen argumentasi dan pola argumentasi Toulmin dalam teks pidato siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang. Data yang digunakan merupakan bagian dari teks pidato yang mengandung elemen argumentasi dan pola argumentasi yang muncul dalam teks pidato ditulis siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi yaitu mengambil data dari tugas yang diberikan guru. Aspekaspek yang diteliti dalam penelitian ini meliputi elemen dan pola argumentasi model toulmin pada teks pidato. Analisis data dibantu dengan panduan analisis yang sudah dibuat peneliti dan dilakukan setelah semua data terkumpul dengan langkah-langkah berikut (1) pengkodean (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Hasil analisis setiap data yang diperoleh oleh penulis dianalisis kemudian memunculkan elemen dan pola argumentasi. Elemen-elemen yang muncul berupa (1) pernyataan umum (claim) (2) bukti (ground) (3) penguatan (warrant) (4) pendukung (backing) (5) modalitas (modal qualifier) (6) penyanggah (rebuttal). Pola-pola yang muncul berupa (1) pola I (C-G) yang berisi pernyataan umum dengan bukti (2) pola II (C-G-W) yang berisi pernyataan umum bukti dan penguatan (3) pola III (C-G-W-B) yang berisikan pernyataan umum bukti penguatan dan pendukung (4) pola IV (C-G-W-B-Q) yang berisikan pernyataan umum bukti penguatan pendukung dan modalitas dan (5) pola V (C-G-W-B-QR) yang mempunyai elemen lengkap berupa pernyataan umum bukti penguatan pendukung modalitas dan penyanggah. Teks pidato siswa kelas XI SMK Negeri 8 Malang memunculkan semua pola argumentasi Toulmin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti ada saran untuk disampaikan pada pendidik serta peneliti selanjutnya. Penelitian ini dapatdigunakan pendidik sebagai refleksi untuk melihat elemen dan pola argumentasi pada teks pidato yang dibuat peserta didik. Kemudian pendidik dapat memberi masukan agar peserta didik dapat memperkuat argumennya dan membuat teks pidato lebih baik lagi. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan pendidik sebagai acuan untuk mengembangkan pola pikir peserta didik agar lebih berpikir kritis dengan memberikan contoh-contoh dari berbagai media yang ada di masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti elemen dan pola argumentasi dapat mengembangkanya pada objek yang lain. Peneliti selanjutnya juga dapat melakukan penelitian tentang penalaran dalam argumentasi pada objek. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk melengkapi kekurangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142439

Actions (login required)

View Item View Item