Pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Sriatul Komariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Sriatul Komariyah

Komariyah, Sriatul (2018) Pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Sriatul Komariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Komariyah Sriatul. 2017. Penggaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci model mind mapping kemampuan menulis teks diskusi. Pembelajaran menulis teks diskusi dapat terlakasana dengan optimal apabila guru menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan model mind mapping untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks diskusi. Model mind mapping adalah suatu model pembelajaran dengan cara memetakan pemikiran peserta didik untuk memudahkan menggungkapkan ide dalam bentuk tulisan. Model mind mapping terdiri dari tahap penulisan kata kunci pada bagian tenggah penarikan cabang (sub bab) penjabaran subbab pemberian warna dan pemberian simbul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggaruh model mind mapping terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quisy exsperiment atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Penentuan sampel menggunakan teknik random. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 dari 10 kelas keseluruhan. Dua kelas tersebut yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Pemilihan dua kelas tersebut secara acak tanpa memperhatikan starta yang ada dalam populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa perintah dan petunjuk menulis teks diskusi beserta rubrik penilaiannya. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis teks diskusi. Tahap penelitian yang dilakukan sebagai berikut pertama pemberian pretes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik menulis teks diskusi. Kedua pemberian perlakuan berupa model mind mapping pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol tidak diberikan. Ketiga pemberian postes pada kelas eksperimen dan kontrol. Keempat data yang diperoleh tersebut selanjutnya dianalisis untuk menguji normalitas homogenitas dan hipotesis dengan menggunakan perhitungan statistik dibautu dengan program SPSS for windows. Uji statistik tersebut menggunakan Uji-t (independent t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 85 75 707 75 95 hal ini menunjukkan ada penggaruh model mind mapping terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa SMP Negeri 2 Malang. Hasil Uji-t diperoleh nilai signifikansi 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau model mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks diskusi. Secara khusus penggunaan model mind mappping berpengaruh terhadap dua aspek teks diskusi yaitu struktur teks dan keefektifan kalimat. (1) hasil Uji-t terhadap skor struktur teks diperoleh nilai signifikansi 0 042 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 diterima atau model mind mapping berpengaruh signifikan pada aspek struktur teks. Rata-rata skor struktur teks kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 57 54 707 50 96. (2) hasil Uji-t terhadap skor keefektifan kalimat diperoleh nilai signifikansi 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha2 diterima atau model mind mapping berpengaruh signifikan pada aspek keefektifan kalimat. Rata-rata skor keefektifan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 28 25 707 23 29. Dengan demikian model mind mapping berpengaruh pada kedua aspek kemampuan menulis teks diskusi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Pada kemampuan menulis teks diskusi berdasarkan struktur teks nilai rata-rata kelas eksperimen lebih unggul model mind mapping memberikan pengaruh pada struktur teks diskusi yang sesuai dengan tema permasalahannya. Pada kemampuan menulis teks diskusi berdasarkan keefektifan kalimat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih unggul model mind mapping memberikan pengaruh pada keefektifan kalimat teks diskusi yang sesuai dengan penggunaan kalimat yang efektif dan benar sesuai EYD. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142436

Actions (login required)

View Item View Item