Kualitas soal ujian akhir semester I mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMAN 1 Krian tahun pelajaran 2015/2016 / Gustiana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas soal ujian akhir semester I mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMAN 1 Krian tahun pelajaran 2015/2016 / Gustiana Putri

Putri, Gustiana (2018) Kualitas soal ujian akhir semester I mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII SMAN 1 Krian tahun pelajaran 2015/2016 / Gustiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Putri Gustiana. 2017. Kualitas Soal Ujian Akhir Semester I Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMAN 1 Krian Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata kunci kualitas soal ujian bahasa Indonesia Pada tahun 2013 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disempurnakan menjadi Kurikulum 2013 (K 13) oleh pemerintah. Kurikulum berisi landasan pembelajaran berkaitan dengan isi dari proses pembelajaran. Kurikulum yang baik dan proses pembelajaran yang benar perlu didukung oleh sistem penilaian yang baik terencana dan berkesinambungan. Proses penilaian dalam materi pelajaran bahasa Indonesia berupa tes tulis meliputi bentuk soal pilihan ganda soal esai dan soal uraian. Pada penelitian ini dipilih pengukuran berwujud tes tulis karena soal pilihan ganda memiliki pertanyaan tunggal dan pilihan jawaban yang hanya mempunyai satu jawaban benar. Selain itu bila dibandingkan dengan ujian tengah semester cakupan ujian akhir semester I lebih luas yakni meliputi 3-4 kompetensi inti dan 3-8 kompetensi dasar serta lima jenis teks pada satu semester. Berbeda dengan ujian harian yang dilaksanakan setelah menyelesaikan satu jenis teks dan empat kompetensi inti serta dua kompetensi dasar sedangkan ujian tengah semester (UTS) dilakukan setelah menyelesaikan 1-2 jenis teks dan empat kompetensi inti serta 2-4 kompetensi dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan validitas isi soal ujian validitas konstruk soal ujian dan kesesuaian soal ujian berdasarkan kaidah soal pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dan bersifat deskriptif. Data penelitian berupa kisi-kisi soal dan soal ujian akhir semester I kelas XII SMAN 1 Krian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini terdiri atas (1) identifikasi data (2) klasifikasi data dan (3) simpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi peneliti. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan terkait kualitas soal ujian akhir semester I kelas XII SMAN 1 Krian. Pertama validitas isi yang terdapat dalam soal ujian akhir semester I mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMAN 1 Krian memiliki validitas lumayan tinggi. Hal ini membuktikan dari lima puluh butir soal yang telah disajikan terdapat 35 butir soal valid dan 15 butir soal tidak valid. Kedua validitas konstruk yang terdapat dalam soal ujian akhir semester I mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMAN 1 Krian memiliki validitas lumayan tinggi. Hal ini terbukti dari lima puluh butir soal ditemukan 30 butir soal valid dan 20 butir soal tidak valid. Ketiga soal ujian akhir semester I mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMAN 1 Krian dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda terbukti lumayan tinggi. Hal ini terbukti dengan sebanyak 35 butir soal valid dengan kriteria kaidah soal pilihan ganda dan 15 butir soal tidak valid dengan kriteria kaidah soal pilihan ganda. ABSTRACTION Putri Gustiana. 2017. Quality of First Semester Final Examination Questionsin Indonesian Language lesson for12th grade SMAN 1 Krian Lesson Year 2015/2016. Essay Department of Indonesian Literature Faculty of Literature Universitas Negeri Malang. Counselor (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Keywords quality examination questions Indonesian Language Lesson On 2013 the Unit Level Curriculum of Education (KTSP) was upgrade to be Curriculum 2013 (K 13) by the government. This curriculum contains about the foundamental of learning which related to contains of the learning process. A good curriculum and the correct learning process need to be supported with good scorring planned and continuous. The assessment process of Indonesian language lesson contain of written test which consist of multiple choice essay and description questions. The measurement that selected in this study was written test because the question of multiple choice has a single question and also single answer. The other when compared with mid-term examination this is more contains of first semester examination which includes 3-4 core competensies and 3-8 basic competencies and five types of text on the semester. Different with daily exams executed after complete one type of text and four of core competensies and two of basic competencies while mid-term examination (UTS) done after completed 1-2 types of text and four of core competencies and 2-4 basic competensies. This study was conducted with the aim to describe suitable of validity at the content of exam questions validity of constructs about the examination and quality of examination questions based on the multiple choice rules. This research used evaluative method and descriptive. The research data contained the grid questions and final examination of semester I for 12th grade SMAN 1 Krian. Data collection is done by documentation technique. Analysis technique of this research consist by (1) identificationthe data (2) classificationthe data and (3) data of conclusion. Checking on validity of data is done by triangulation of researchers. Based by results of data analysis obtained conclusion related to validity and quality of final examnation at first semester for 12th grade SMAN 1 Krian. First validity of the content has contained in final exam of semester 1 in Indonesian language lessonfor 12th grade SMAN 1 Krian has a pretty high validity. This proves from fifty items that have been presented there are 35 items are valid and 15 items are declared invalid. Second validity of constructs contained in the final exam of the semester 1 in Indonesian language lesson for 12th grade SMAN 1 Krian has a pretty high validity. It is proven from the fifty items stated 30 items are declared valid and 20 items are declared invalid. Third conformity final exam of semester 1 of in Indonesian language lesson for 12th grade SMAN 1 Krian proved pretty high. This is evidenced by as many as 35 items are declared valid with the criteria of multiple choice questions and 15 items are declared invalid with the criteria of multiple choice rules.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142433

Actions (login required)

View Item View Item