Kecenderungan penokohan dan pengaluran cerpen karya mahasiswa UM dalam majalah komunikasi tahun terbit 2011-2017 / Mimin Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecenderungan penokohan dan pengaluran cerpen karya mahasiswa UM dalam majalah komunikasi tahun terbit 2011-2017 / Mimin Ernawati

Ernawati, Mimin (2018) Kecenderungan penokohan dan pengaluran cerpen karya mahasiswa UM dalam majalah komunikasi tahun terbit 2011-2017 / Mimin Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ernawati Mimin. 2017. Kecenderungan Penokohan dan Pengaluran Cerpen Karya Mahasiswa UM dalam Majalah Komunikasi Tahun Terbit 2011-2017. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (2) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci penokohan pengaluran cerpen karya mahasiswa majalah Komunikasi Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra. Cerpen juga memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas tersebut yang membuat cerpen berbeda dengan karya sastra lainnya seperti novel puisi dan roman. Cerpen dibangun atas beberapa unsur yang menopangnya. Aspek yang dapat dikaji yakni penokohan dan pengaluran. Penokohan adalah cara pengarang menampilkan tokoh atau pelaku dalam cerita. Teknik penokohan bisa secara langsung atau analitik dan tidak langsung atau dramatik. Sedangkan alur merupakan rangkaian peristiwa yang saling berkaitan dan diemban oleh tokoh tertentu sehingga membentuk suatu cerita. Alur adalah salah satu unsur intrinsik cerpen sekaligus merupakan hal penting yang sangat berpengaruh terhadap cerita. Ada cerpen yang mempunyai struktur alur lengkap dan tidak lengkap. Kategori alur yang digunakan masing-masing mahasiswa untuk penulisan cerita tentu berbeda. Sejauh ini yang banyak diketahui adalah penggunaan alur maju alur sorot balik dan alur campuran. Namun ternyata masih terdapat kategori alur lain dalam cerpen yang perlu diketahui. Alur cerita yang ditulis oleh mahasiswa perlu diketahui atau digambarkan. Hal tersebut penting guna mengetahui bagaimana mahasiswa dalam mengembangkan alur sehingga menghasilkan cerpen yang menarik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penokohan dan pengaluran cerpen yang ditulis mahasiswa UM dalam majalah Komunikasi tahun terbit 2011-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pembantu berupa tabel pedoman analisis. Prosedur pengumpulan data berupa dokumentasi. Penelitiian menggunakan tiga tahap analisis data yaitu (1) tahap persiapan (2) penganalisisan dan (3) penyimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan (1) memeriksa ulang hasil kodifikasi dan hasil penelitian sesuai dengan teori (2) membaca dan menganalisis teks cerpen secara berulang-ulang dan cermat dan (3) melakukan diskusi dengan teman sejawat. Tahap yang dilalui dalam penelitian ini adalah (1) tahap persiapan (2 ) pelaksanaan dan (3) penyelesaian. Temuan penelitian menunjukkan adanya (1) cerpen dengan teknik penokohan secara langsung atau analitik (2) cerpen dengan teknik penokohan secara tidak langsung (3) cerpen dengan teknik penokohan campuran yaitu gabungan dari penokohan secara langsung dan tidak langsung (3) cerpen dengan struktur alur lengkap dan cerpen dengan struktur alur tidak lengkap (4) cerpen dengan alur progresif dan cerpen dengan alur sorot balik (5) cerpen dengan alur tunggal dan cerpen dengan alur paralel (6) cerpen dengan alur padat dan cerpen dengan alur longgar dan (7) cerpen dengan alur peruntungan cerpen dengan alur tokohan dan cerpen dengan alur pemikiran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik penokohan yang paling banyak digunakan adalah campuran dan tidak semua cerpen mempunyai struktur alur yang lengkap. Pada umumnya mahasiswa menggunakan alur dengan struktur (pengenalan konflik komplikasi klimaks peleraian penyelesaian). Pada kategori alur berdasarkan urutan waktu mahasiswa cenderung menggunakan alur progresif. Pada kategori alur berdasarkan jumlah mahasiswa cenderung menggunakan alur tunggal. Pada kategori alur berdasarkan kepadatan mahasiswa cenderung menggunakan alur padat. Pada kategori alur berdasarkan isi mahasiswa lebih cenderung menggunakan alur peruntungan. ABSTRACT Ernawati Mimin. 2017. Trend of Characterization and Short Stitching of UM Student s Work in Communication Magazine Year 2011-2017. Thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters State University of Malang. Counselor (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (2) Dr. Roekhan M.Pd. Keywords characterization short story distribution of student work Communication magazine Short story is one form of literary works. Short story also has its own characteristics. These characteristics make short stories different from other literary works such as novels poetry and romance. Short stories are built on several elements that support them. Aspects that can be studied the characterization and channeling. Characterization is the way the author displays the character or actor in the story. The characterization technique can be either direct or analytical and indirect or dramatic. While the groove is a series of events that are related and assumed by certain figures so as to form a story. Groove is one of the intrinsic elements of the short story as well as an important thing that is very influential on the story. There is a short story that has a complete and incomplete flow structure. The flow categories used by each student for writing the story are different. So far what is widely known is the use of advanced grooves backlight flows and mixed grooves. However there are still other categories of flow in the short story that need to be known. The storyline written by the student needs to be known or described. It is important to know how the students in developing the flow so as to produce an interesting short story. This research was conducted with the aim to know the characterization and distribution of short stories written by UM students in Communication magazine year 2011-2017. This research uses qualitative approach with descriptive type. The main instrument in this study is the researchers themselves with auxiliary instruments in the form of table guidance analysis. The data collection procedure is documentation. The study used three stages of data analysis namely (1) preparation stage (2) analyzing and (3) inference. The validity of the data is done by (1) re-examining the results of codification and research results in accordance with the theory (2) reading and analyzing the short story text repeatedly and carefully and (3) discussing with colleagues. Stages passed in this study are (1) preparation stage (2) implementation and (3) completion. The research findings indicate the existence of (1) short story with technique of characterization directly or analytic (2) short stories with indirect characterization techniques (3) short story with mixed characterization technique that is combination of characterization directly and indirectly (3) short story with complete groove structure and short story with incomplete groove structure (4) short stories with progressive grooves and short stories with backlash (5) short stories with single grooves and short stories with parallel grooves (6) short stories with dense grooves and short stories with loose grooves and (7) short stories with the flow of fortune short stories with plot of characters and short stories with the flow of thought. The conclusion of this research is the most widely used characterization technique is the mixture and not all short stories have a complete groove structure. In general students use grooves with structure (recognition conflict complication climax divorce settlement). In the flow category based on the time sequence students tend to use progressive flow. In the flow category by number students tend to use a single path. In a density-based groove category students tend to use solid grooves. In the flow category based on the content students are more likely to use the flow of fortune.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142432

Actions (login required)

View Item View Item