Pembelajaran teks cerpen pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Malang / Nunuk Nur Izzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran teks cerpen pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Malang / Nunuk Nur Izzah

Izzah, Nunuk Nur (2018) Pembelajaran teks cerpen pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Malang / Nunuk Nur Izzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nur Izzah Nunuk. 2015. Pembelajaran Teks Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M. Pd. (II) Dewi Pusposari M. Pd. Kata Kunci Pembelajaran Teks Cerpen Dunia pendidikan Indonesia selalu berkembang dari waktu ke waktu. Pendidikan di Indonesia harus mengikuti perkembangan dunia pendidikan melalui kurikulum yang senantiasa berkembang. Perkembangan kurikulum tersebut sudah dilaksanakan oleh dunia pendidikan Indonesia. Pada tahun 2004 Mendikbud telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Tahun 2006 Mendikbud kembali merubah kurikulum menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tahun 2013 kurikulum kembali dirubah dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 terdapat salah satu bahasan materi yaitu teks cerpen. teks cerpen merupakan salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII dalam kurikulum 2013. Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana pembelajaran cerpen pada kurikulum 2013 oleh karena itu diperlukan adanya penelitian mengenai pembelajaran teks cerpen untuk lebih mendalami bagaimana pembelajaran teks cerpen pada kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran teks cerpen pada siswa kelas VII SMP pada aspek (1) rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerpen (2) pelaksanaan pembelajaran teks cerpen (3) penilaian pembelajaran teks cerpen. hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan rujukan bagi guru untuk mengoptimalkan pembelajaran teks cerpen. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa digunakan untuk pengembangan media strategi atau bahan ajar untuk mengoptimalkan pembelajaran teks cepen siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci yang berstatus sebagai pengamat penuh. Peneliti terlibat sejak perencanaan penelitian pelaksanaan penelitian pengumpulan data dan menjadi pelapor hasil penelitiannya. Kegiatan penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Malang karena SMP Negeri 9 Malang merupakan salah satu SMP Negeri di kota Malang yang tetap menggunakan Kurikulu 2013. Data penelitian ini berupa (1) paparan deskriptif tentang perencanaan perencanaan pembelajaran teks cerpen (2) paparan deskriptif pelaksanaan pembelajaran teks cerpen dan (3) paparan deskriptif penilaian pembelajaran teks cerpen. sumber data yang digunakan untuk memperoleh sejumlah informasi tersebut bersumber dari (1) RPP untuk memperoleh data perencanaan pembelajaran (2) wacana interaksi kelas untuk memperoleh data ii pelaksanaan dan penilaian pembelajaran cerpen dan (3) guru untuk informasi-informasi yang tidak tampak selama pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran guru sudah menulis semua komponen RPP dengan lengkap sesuai dengan Permendikbud No. 65. Terdapat 9 komponen RPP yang disusun oleh guru yaitu (1) identitas mata pelajaran (2) kompetensi inti (3) kompetensi dasar (4) tujuan pembelajaran (5) materi pemblajaran (6) pendekatan model dan metode pembelajaran dan (9) penilaian. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi 3 bagian yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal yang dilakukan guru pada pembelajaran teks cerpen dimulai dengan guru mengecek daftar hadir siswa memberi pertanyaan pancingan tentang materi sebelumnya dan penyampaian tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru melibatkan siswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran. guru melibatkan siswa melalui diskusi kelas dan penugasan secara berkelompok. Selain itu dalam melaksanakan kegiatan inti guru lebih menekankan kegiatan 5M yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar/mengasosiasi dan mengomunikasikan. Selain itu guru juga menciptakan suasana yang yang menyenangkan pada saat pembelajaran berlangsung. Penilaian pembelajaran teks cerpen dilaksanakan guru dengan menggunakan dua jenis penilaian yaitu penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan pada ranah sikap. Penilaian proses pada pembelajaran teks cerpen dilakukan guru sepanjang pembelajaran berlangsung dengan menggunakan teknik observasi. Penilaian sikap selanjutnya dimasukkan pada instrumen lembar pengamatan sikap yang dilengkapi dengan kriteria pedoman penilaian. Penilaian hasil pada pembelajaran teks cerpen ditekankan pada ranah pengetahuan dan keterampilan. Penilaian yang dilakukan guru dengan menggunakan teknik soal uraian. Soal uraian sesuai dengan tujuan pembelajaran teks karena cerpen siswa dituntut untuk menciptakan sebuah karangan. Penelitian ini masih memiliki kelemahan yaitu keterbatasan waktu oleh karena itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki sehingga didapat deskripsi yang lebih kaya tentang pembelajaran teks cerpen. Bagi guru kelas VII hendaknya terus mempertahankan pola pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa akan mempermudah siswa dalam menyerap materi yang tengah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142429

Actions (login required)

View Item View Item