Natalia, Dwi (2018) Karakteristik diksi pada puisi siswa kelas XI dan XII SMAN 4 Malang / Dwi Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Natalia Dwi. 2015. Karakteristik Diksi pada Puisi Siswa Kelas XI dan XII SMAN 4 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nita Widiati M.Pd. (II) Dra. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci karakteristik diksi puisi siswa SMA Puisi merupakan salah satu karya sastra untuk mengungkapkan perasaan penyair dengan kata yang imajinatif dan kaya makna. Senada dengan itu Waluyo (1987 29) mengemukakan bahwa puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengosentrasikan semua kekuatan bahasa dan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya. Oleh karena itu kekhasan sebuah puisi memiliki peranan yang penting dalam menyugesti pembaca. Diksi merupakan indikator utama dalam puisi karena memiliki peranan yang penting untuk memberikan kekhasan. Akan tetapi penelitian tentang keragaman pilihan kata atau diksi pada puisi belum diadakan. Menurut Aminuddin (1987 140) berdasarkan bentuk dan isinya kata dalam puisi dapat dibedakan menjadi lambang utterance dan simbol. Sayuti (2002 168 194) mengemukakan bahwa diksi dalam puisi berkaitan erat dengan bahasa kias (majas) yaitu sarana untuk memperoleh efek puitis dan berkaitan dengan citraan (yang juga terkait dengan majas diksi dan sarana retorik). Berdasarkan kedua pendapat tersebut peneliti menyimpulkan bahwa diksi pada puisi terdiri atas lambang simbol citraan dan majas. Penelitian ini berfokus untuk memaparkan dan menemukan pilihan kata (diksi) dari karakteristik (1) lambang yang diklasifikasikan menjadi kata tugas kata benda kata dasar kata sifat dan bentukan (2) simbol yang diklasifikasikan menjadisimbol kosong (blank symbol) simbol alam (natural symbol) dan simbol privat(private symbo)l (3) citraan yang diklasifikasikan menjadi citraan penglihatan pendengaran penciuman pencecapan perabaan dan gerak dan (4) majas yang diklasifikasikan menjadi majas metafora perbandingan personifikasi hiperbola sinekdoke dan ironi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dipaparkan berupa 34 puisi dari 102 puisi siswa kelas XII Bahasa XII IPS-1 XII IPS-2 XI IPS-1 dan XI IPS-2. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis dokumen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tabel analisis data. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kecermatan dan ketekunan dalam membaca dan memeriksa melalui diskusi dengan dosen pembimbing dan teman sejawat. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil analisis berikut (1) karakteristik lambang pada puisi siswa lebih banyak digunakan bentukan me- me-kan kata sifat dan kata benda. Hal tersebut berkaitan dengan kecenderungan siswa menggunakan bahasa sehari-hari daripada bahasa yang lebih puitis (2) karakteristik simbol pada puisi siswa yakni dominan penggunaan simbol kosong (blank symbol) dan terdapat pada semua puisi. Hal tersebut berkaitan dengan siswa cenderung mereproduksi kata daripada mencipta kata ii sendiri (3) karakteristik citraan pada puisi siswa yaitu citraan penglihatan pendengaran dan gerak. Namun citraan penglihatan lebih dominan dibandingkan citraan lain dalam hal intensitas penggunaan karena siswa cenderung mengolah peristiwa atau benda yang ditangkap dengan indra penglihatan dibanding indra lainnya dan (4) karakteristik majas pada puisi siswa yaitu majas personifikasi hiperbola perbandingan dan metafora. Dari segi intensitasnya majas personifykasi lebih dominan dibanding dengan majas yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |