Peningkatan kemampuan menulis teks cerpen dengan metode mind map pada siswa kelas XI SMK Shalahuddin Pasuruan / Andini Risa Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis teks cerpen dengan metode mind map pada siswa kelas XI SMK Shalahuddin Pasuruan / Andini Risa Pratiwi

Pratiwi, Andini Risa (2018) Peningkatan kemampuan menulis teks cerpen dengan metode mind map pada siswa kelas XI SMK Shalahuddin Pasuruan / Andini Risa Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratiwi Andini Risa. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerpen dengan Metode Mind Map pada Siswa Kelas XI SMK Shalahuddin Pasuruan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis teks cerita pendek metode mind map Pembelajaran menulis teks cerpen sudah diajarkan kepada siswa kelas XI-TKJ 1 SMK Shalahuddin Pasuruan sesuai dengan kurikulum 2013. Terkait dengan pembelajaran menulis cerita di sekolah hasil studi pendahuluan atau tahap pratindakan (1) siswa kesulitan dalam mencari ide untuk menulis (2) siswa kesulitan menulis tahapn alur (3) guru belum menggunakan media atau metode yang membuat siswa tertarik untuk menulis teks cerpen dan (4) cerita guru masih mneggunakan metode ceramah yang dinilai kurang tepat untuk pembelajaran menulis teks cerpen. Masalah yang muncul adalah pokok permasalahan yang diangkat dari hasil tulisan teks cerpen siswa. Alur cerita masih belum runtut dan tepat. Oleh karena itu permasalahan tersebut diatasi dengan penggunaan metode mind map untuk lebih mengkhususkan persoalan pada hasil tulisan cerpen siswa. Metode mind map dipilih karena dengan mind map siswa lebih mudah memetakan ide-ide cerita yang dimiliki sehingga terbentuk alur yang runtut serta siswa lebih mudah mengembangkan kerangka cerita dalam bentuk mind map menjadi teks cerpen yang utuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis teks cerpen dengan metode mind map pada siswa kelas XI SMK Shalahuddin Pasuruan (2) peningkatan hasil kemampuan menulis teks cerpen dengan metode mind map pada siswa kelas XI SMK Shalahuddin Pasuruan dilihat dari aspek (a) menentukan judul (b) mengembangkan tokoh (c) mengembangkan latar dan (d) mengembangkan alur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat hal pokok yaitu (1) pratindakan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan dan (4) refleksi hasil tindakan. Data dalam penelitian ini berupa data proses dan data hasil. Data proses berupa perilaku siswa dikumpulkan ketika pembelajaran menulis teks cerpen berlangsung di kelas sedangkan data hasil berupa skor kemampuan menulis teks cerpen siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan sedangkan data hasil dilakukan dengan tes menulis cerpen yang dinilai menggunakan rubrik penilaian hasil menulis teks cerpen. Data proses dan data hasil yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menyeleksi mengoreksi menskor dan menyimpulkan. Deskripsi proses dan peningkatan hasil pembelajaran menulis teks cerpen diikuti pula dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam menulis teks cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat meningkatkan kinerja pembelajaran menulis teks cerpen pada proses dan hasil pembelajaran. ii Pada deskripsi proses dipaparkan langka-langkah menulis teks cerpen sebagai berikut. Kegiatan awal guru (1) menggali skemata siswa tentang cerpen (2) menjelaskan kepada siswa tentang metode mind map (3) menyajikan video keripik sukun mbok darmi dan bertanya jawab seputar unsur intrinsik cerita dalam video tersebut dan (4) memberi lembaran contoh analisis kerangka cerpen berdasarkan tahapan alur dengan metode mind map berdasarkan video berjudul Keripik Sukun Mbok Darmi . Kegiatan inti guru (1) menyajikan tiga buah video cerita untuk dipilih siswa sebagai ide awal untuk menulis kerangka cerita berdasarkan lembar kerja berformat mind map tahapan alur dan (2) mengarahkan siswa pada kegiatan mengembangkan kerangka cerpen menjadi teks cerpen yang utuh. Kegiatan penutup guru melakukan refleksi terhadap kegiatan menulis cerpen dengan metode mind map. Hasil studi pendahuluan sebanyak 24% siswa telah mencapai KKM. Siklus I sebanyak 48% siswa mencapai KKM dan pada Siklus II sebanyak 91% siswa mencapai KKM. Peningkatan hasil terlihat pada aspek (1) siswa mampu menentukan judul yang baru menarik dan berupa frasa. (2) siswa mampu mengembangkan tokoh baik dari segi fisik watak dan kesesuai tokoh dengan judul (3) siswa mampu mengembangkan alur yang runtut dan (4) siswa mampu mengembangkan latar baik latar tempat waktu dan suasana. Penggunaan metode mind map dalam pembelajaran menulis teks cerpen sangat efektif dan inovatif. Metode mind map mampu menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan. Mind map memudahkan siswa dalam menulis kerangka cerita dan mengembangkan kerangka cerita dalam mind map menjadi teks cerpen yang utuh. Metode mind map mampu meningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis teks cerpen. Oleh karena itu disarankan kepada (1) guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia agar menggunakan metode mind map untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen dan (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan metode mind map pada jenjang pendidikan dan kompetensi berbahasa lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142426

Actions (login required)

View Item View Item