Kemampuan menulis geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Agyunerita Reza Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Agyunerita Reza Anggraeni

Anggraeni, Agyunerita Reza (2018) Kemampuan menulis geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Agyunerita Reza Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Agyunerita Reza.2014.Kemampuan Menulis Geguritan Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Malang Tahun Pelajaran 201412015.Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Nege1i Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Karkono S.S. M.A. Kata Kunci kemampuan menulis geguritan SMP Negeri 15 Malang Geguritan merupakan bentuk puisi yang berkembang di kalangan penutur bahasa J awa dan Bali. Geguritan berkembang dari tembang sehingga dikenal beberapa bentuk geguritan yang berbeda. Dalam bentuk awal geguritan berwujud nyanyian yang memiliki sajak tertentu seperti dalam bahasa Jawa tembang uran uran awujud purwakanthi atau dalam bahasa Indonesia nyanyian yang sebagian kata-katanya diulang-ulang. Geguritan merupakan puisi bebas yang ditulis dalam bahasa Jawa berarti puisi yang tidak mengikatkan diri pada aturan metrum sajak serta lagu seperti dalam bahasa J awa karangan kang pinathok kaya tembang nanging guru gatra guru lagu an guru wilangane ora ajeg atau karangan yang telah dirumuskan seperti nyanyian tetapi bait suku kata dan rimanya tidak tetap. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Aspek yang dinilai dalam kemampuan menulis geguritan tersebut adalah kesesuaian judul dengan isi geguritan pemilihan kata ( diksi) ketepatan penggunaan ejaan dan penggunaan konotasi dalam isi geguritan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian yang berupa geguritan karya siswa kelas VII diperoleh dari penelitian secara langsung terhadap siswa. lnstrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa perintah dan petunjuk menulis geguritan beserta pedoman penyekorannya. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data menyimpulkan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh em pat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kemampuan menyesuaikan judul dengan isi geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan mayoritas siswa memeroleh hasil belajar yang baik pada aspek ini. Kedua kemampuan menggunakan diksi dengan tepat dalam geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 juga sudah baik karena perolehan hasil belajar yang maksimal juga diperoleh mayoritas siswa. Ketiga kemampuan menggunakan ejaan dengan tepat pada geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 belum baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang memeroleh hasi belajar yang rendah. Keempat kemampuan menggunakan konotasi atau ungkapan dalam isi geguritan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2014/2015 belum baik. Penggunaan konotasi dalam isi geguritan merupakan point tersulit diantara ketiga point lainnya. Hal ini dibuktikan perolehan hasil belajar tertinggi hanya rnampu diperoleh 1 siswa. Berdasarkan basil penelitian yang telah dianalisis dihasilkan saran-saran yang diharapkan dapat bermanfaat untuk banyak pihak. Saran pertama ditujukan untuk siswa khususnya siswa SMP yaitu banyak mernbaca teks bahasa Jawa dan kumpulan geguritan serta mencari tahu arti kata sulit untuk memperkaya kosakata sehingga mempermudah siswa dalam menulis bahasa Jawa baik geguritan maupun karangan. Selanjutnya saran ditujukan untuk guru mata pelajaran bahasa Jawa yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cam menggunakan bahsa Jawa yang baik dan benar selama kegiatan belajar mengajar berlangsung membiasakan siswa menggunakan bahasa J awa agar siswa terlatih dan terbiasa menggunakan bahasa J awa dengan baik benar dan sesuai porsinya. Sesuai porsi yang dimaksud adalah penggunaan krama inggil untuk orang tua dan guru penggunaan ngoko alus untuk teman dan sebagainya. Saran selanjutnya diberikan untuk peneliti selanjutnya adalah melakukan penelitian lanjutan tentang kemampuan menulis bahasa J awa agar dapat mengetahui perkembangan kemampuan menulis bahasa Jawa pada siswa SMP dari tahun ke tahun serta memberikan solusinya apabila tidak ada atau hanya ada sedikit perkembangan dalam menulis geguritan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142424

Actions (login required)

View Item View Item