Pembelajaran menulis puisi bebas dengan teknik "cerca teman" pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2017-2018 / Nanda Febri Nur Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis puisi bebas dengan teknik "cerca teman" pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2017-2018 / Nanda Febri Nur Ramadhan

Ramadhan, Nanda Febri Nur (2018) Pembelajaran menulis puisi bebas dengan teknik "cerca teman" pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2017-2018 / Nanda Febri Nur Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ramadhan Nanda FN. 2018. Pembelajaran Menulis Puisi Bebas dengan Teknik Cerca Teman pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Taufik Dermawan M.Hum. Kata Kunci pembelajaran menulis puisi cerca teman Pembelajaran menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa selain membaca berbicara dan menyimak. Pembelajaran menulis sering dianggap sebagai pembelajaran yang sulit untuk diajarkan oleh guru. Menulis teks puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang tercantum pada Kurikulum 2013 edisi revisi. Kompetensi dasar untuk pembelajaran menulis puisi dalam KD 4.8 berbunyi menyajikan gagasan perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Pembelajaran menulis teks puisi dilaksanakan pada kelas VIII-B yang dilaksanakan satu pertemuan. Kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan menggunakan model pembelajaran inkuiri cerca teman sehingga peneliti melakukan observasi lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menulis teks puisi dengan teknik cerca teman pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif evaluatif studi kasus. Data penelitian perencanaan berupa komponen RPP data pelaksanaan berupa informasi dan tuturan kegiatan pembelajaran dan pada penilaian berupa informasi mengenai penilaian yang dilakukan guru. Sumber data dalam perencanaan pembelajaran adalah RPP. Sumber data dalam pelaksanaan pembelajaran adalah interaksi antara guru dan siswa. Sumber data dalam penilaian adalah penilaian autentik yang dilakukan yang meliputi penilaian proses pengetahuan dan keterampilan. Data perencanaan pembelajaran diperoleh melalui teknik studi dokumentasi dan wawancara kepada guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Trenggalek. Data pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara kepada guru. Data perencanaan pembelajaran diperoleh melalui teknik studi dokumentasi dan wawancara kepada guru. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah panduan analisis RPP pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran menulis teks puisi. Perencanaan pembelajaran yang disusun guru bahasa Indonesia meliputi (1) identitas RPP yang berisi identitas sekolah mata pelajaran materi pokok jenis teks kelas/semester dan alokasi waktu. (2) Kompetensi inti yang memuat aspek spiritual sosial pengetahuan dan keterampilan (3) Kompetensi dasar yang memuat empat yaitu aspek spiritual aspek sosial aspek pengetahuan dan aspek vi keterampilan. Indikator pencapaian kompetensi yang mencakup aspek spiritual aspek sosial aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yaitu menulis teks puisi. (4) Tujuan pembelajaran mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu menulis teks puisi. (5) Materi pembelajaran memuat konsep ditunjukkan dengan contoh puisi dan telaah isi puisi tersebut. Materi pembelajaran tidak memuat fakta prinsip dan prosedur penulisan teks puisi. (6) Metode pembelajaran menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan berbasis proyek. Selain itu juga menggunakan pendekatan karakterikstik dalam Kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik. Model pembelajaran yang digunakan ialah inkuiri cerca teman yang telah disesuaikan dengan tujuan dan kondisi siswa. (7) Media alat dan sumber belajar mendukung pembelajaran menulis teks puisi menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. (8) Langkah-langkah pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti kegiatan penutup dan juga memunculkan pendekatan saintifik. (9) Penilaian yang dicantumkan guru meliputi penilaian sikap dan pengetahuan serta keterampilan. Secara umum RPP guru kurang sesuai kriteria Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Beberapa hal yang kurang sesuai kriteria yaitu (1) penulisan tema (2) penentuan alokasi waktu pada identitas RPP (3) penulisan KD yang memuat KD-1 dan KD-2 (4) penulisan indikator KD-4 yang kurang tepat (5) rumusan tujuan pembelajaran yang kurang tepat (6) materi pembelajaran yang kurang sesuai dengan kompetensi pembelajaran dan tidak memuat fakta prinsip dan prosedur penulisan teks puisi (7) penggunaan sumber belajar yang kurang relevan (8) langkah pembelajaran yang kurang spesifik dan (9) penggunaan presentase dalam rubrik deskripsi penilaian pengetahuan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat kegiatan pendahuluan kegiatan inti kegiatan penutup implementasi pendekatan saintifik implementasi teknik cerca teman penumbuhan sikap spiritual pada kegiatan pendahuluan dan penutup penumbuhan sikap sosial pada kegiatan inti serta kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada kegiatan inti. Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak melaksanakan penyampaian kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan inti pendekatan saintifik dan teknik cerca teman sudah tampak dalam pembelajaran namun belum sepenuhnya berhasil menuntut siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode penugasan berbasis proyek sudah tampak dalam kegiatan menulis puisi bebas dengan teknik cerca teman . Teknik cerca teman dilaksanakan bersama dengan pendekatan behavioristik dan pendekatan konstruktivistik. Teknik cerca teman menghasilkan kegiatan mencermati mencari menemukan dan memanfaakan. Penggunaan media pembelajaran powerpoint sudah berjalan dengan baik namun sumber belajar yang digunakan hanya berpedoman pada lembar kerja siswa. Dalam kegiatan penutup guru tidak melaksanakan kegiatan penutup secara maksimal. Guru tidak memberikan penguatan evaluasi dan pemberian tugas. Namun guru melakukan pengumpulan tugas siswa berdo a dan salam. Secara umum pelaksanaan pembelajaran dan alokasi waktu telaah berjalan sesuai dengan yang tertulis dalam RPP. Namun terdapat beberapa hal yang kurang sesuai kriteria Permendikbud No 22 tahun 2016 dan harus diperhatikan oleh guru yaitu (1) alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran untuk keterampilan menulis yang berlangsung satu vii pertemuan (2) tidak adanya kegiatan refleksi yang dilakukan oleh guru dan (3) langkah yang belum dilaksanakan oleh guru yang disebabkan oleh faktor guru maupun siswa. Pada penilaian pembelajaran terdapat penilaian sikap (proses) penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan (hasil). Penilaian sikap dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penilaian sikap diperoleh dari keaktifan siswa ketika kegiatan belajar menulis puisi. Penilaian pengetahuan dan penilaian hasil atau keterampilan dalam menulis puisi bebas dengan teknik cerca teman dilakukan guru dengan menilai hasil karya atau tulisan siswa. Hasil penilaian sikap terhadap 32 siswa menunjukkan bahwa 20 siswa berperilaku baik dan 12 siswa berperilaku cukup selama kegiatan pembelajaran. Hasil penilaian keterampilan terhadap 32 siswa menunjukkan bahwa 23 siswa mendapatkan nilai di atas 78 dan 9 siswa mendapatkan nilai di bawah 78. Pembelajaran menulis puisi bebas dengan teknik cerca teman dapat dikatakan belum berhasil karena persentase ketuntasan belajar siswa kurang 75% dari jumlah siswa yaitu 71 88%. Artinya harus ada perbaikan atau remedial supaya ketuntasan belajar siswa lebih dari 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat dua saran yang dapat disampaikan yakni (1) kepada guru bahasa Indonesia disarankan menyusun RPP sesuai dengan kriteria penyusunan RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru diharapkan mampu lebih memotivasi siswa supaya siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Guru diharapkan juga mampu mengelola waktu yang lebih baik agar rancangan kegiatan pembelajaran yang disusun dapat berjalan maksimal khususnya kegiatan penutup. Pada penilaian guru diharapkan menekankan penilaian sikap atau proses saat penugasan agar siswa lebih terbiasa bersikap mandiri dalam mengerjakan tugas. Persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang matang akan meningkatkan kualitas pembelajaran akan berdampak pada kemajuan hasil belajar siswa (2) peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk merancang pembelajaran yang lebih baik khususnya dalam pembelajaran menulis puisi. Dalam mengadakan penelitian pembelajaran disarankan dapat mengetahui kebutuhan kelengkapan aspek penunjang penelitian pembelajaran yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142420

Actions (login required)

View Item View Item