Penggunaan bahasa dalam karangan berdasarkan pengamatan: studi kasus pada kelas V SDIT Insan Permata Malang / Partini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan bahasa dalam karangan berdasarkan pengamatan: studi kasus pada kelas V SDIT Insan Permata Malang / Partini

Partini (2019) Penggunaan bahasa dalam karangan berdasarkan pengamatan: studi kasus pada kelas V SDIT Insan Permata Malang / Partini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABTRAK Partini. 2014. Penggunaan Bahasa dalam Karangan Berdasarkan Pengamatan Studi Kasus pada Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (2) Karkono S. S M. A. Kata Kunci Bahasa Karangan Menulis Karangan merupakan hasil karya tulis untuk menuangkan suatu ide gagasan perasaan atau pemikiran kepada pembaca melalui bahasa tulis. Sedangkan mengarang adalah mengungkapkan sesuatu secara jujur tanpa rasa emosional berlebihan realistis dan tidak menghambur-hamburkan kata yang tidak perlu. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling akhir diajarkan setelah keterampilan menyimak berbicara dan membaca. Dalam hal ini penekanan yang lebih besar perlu dilakukan karena dalam menulis siswa dituntut untuk berpikir kreatif mengungkapkan pikiran ide dan gagasan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai suatu karangan terutama pada penggunaan bahasa dalam karangan. Peneliti mengambil data penelitian ini berupa karangan berdasarkan pengamatan dalam materi pembelajaran siswa di sekolah yaitu siswa kelas V sekolah dasar dengan menggunakan pengamatan. Penggunaan metode pengamatan untuk membuat karangan diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengembangkan imajinasi dalam menuangkan ide pikiran dan gagasan sesuai dengan keadaan kenyataan di lingkungan sekolah ke dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDIT Insan Permata Malang dengan sampel kelas V Nabi Musa. Sumber data penelitian ini adalah siswa yang dipusatkan pada kelas V Nabi Musa SDIT Insan Permata dengan jumlah 24 siswa. Wujud data berupa data verbal tentang menulis karangan berupa kata yang meliputi 3 hal yaitu (1) bentuk karangan (2) diksi atau pilihan kata dan (3) ejaan yang digunakan dalam menulis karangan/ mengarang. Data tersebut diperoleh dari lembar kerja siswa menulis karangan. Siswa menulis karangan berdasarkan perintah dan petunjuk menulis karangan. Instrumen yang digunakan berupa (1) instrumen perintah-petunjuk menulis karangan dan (2) rubrik penilaian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa dalam karangan berdasarkan pengamatan siswa kelas V SDIT Insan Permata dilihat dari bentuk karangan berupa karangan narasi dan deskripsi penggunaan bahasa berdasarkan pengamatan siswa kelas V SDIT Insan Permata dilihat dari penggunaan diksi adalah kata dan frasa asing kata khusu dan umum kata ilmiah dan popular kata indria serta kata percakapan dan penggunaan bahasa berdasarkan pengamatan siswa kelas V SDIT Insan Permata dilihat dari penggunaan ejaan antara lain penulisan huruf kapital bentuk ulang kata depan kata singkatan kata dan bilangan kata ganti tanda titik (.) tanda hubung (-) serta tanda koma ( ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142419

Actions (login required)

View Item View Item