Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita di SLB BC Kepanjen - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita di SLB BC Kepanjen

Salsabila, Nisrina Madu Retno (2021) Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita di SLB BC Kepanjen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak dengan ketidak mampuan intelektual disebut dengan anak tunagrahita. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kekurangan atau keterbatasan dari segi mental dan intelektualnya dibawah rata-rata normal sehingga mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas akademik menjalin komunikasi serta hubungan sosial. Ketidakmampuan menjalankan tugas-tugas akademik tersebut akan berdampak pada kurangnya pencapaian nilai akademik jika dibandingkan dengan siswa regular. Salah satu ketidak mampuan anak tunagrahita yaitu menggosok gigi mandiri secara benar. Pemanfaatan media yang menarik juga membantu anak tunagrahita dalam membantu pembelajaran menggosok gigi. Flipchart adalah salah satu media bergambar yang dapat menyajikan informasi kegiatan menggosok gigi secara akurat dan benar. Penggunaannya juga cukup mudah yaitu tinggal membalik satu persatu pesan bergambar yang sudah disajikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan anak tunagrahita dalam kegiatan menggosok gigi sebelum menggunakan media Flipchart. (2) Mendeskripsikan kegiatan anak tunagrahita dalam kemampuan menggosok gigi setelah menggunakan media Flipchart. (3) Mendeskripsikan pengaruh media Flipchat terhadap peningkatan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Singel Subjek Research (SSR) dengan desain A-B-A rsquo . Subjek penelitian Z (12 Tahun) yang berjenis kelamin laki-laki. Jenis pengukuran yang digunakan adalah presentase. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan peningkatan mean level yang meningkat dari 54 8% pada kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi 81 31% dan kondisi baseline-2 88 8 %. Perhitungan presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi adalah 0 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media flipchart terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi anak tunagrahita. Saran dari penelitian ini antara lain (1) Guru di harapkan mampu menggunakan teknik pembelajaran maupun media pembelajaran yangs sesuai serta efektif sehingga pembelajaran tersebut dapat manarik rasa ingin tahu anak dan dapat di terima oleh anak tunagrahita.(2) Orang tua diharap mampu bekerja sama dengan mengembangkan kemandirian anak tunagrahita dengan tidak terus menerus membantu anak untuk melakukan kegiatan menggosok gigi pada kehidupan sehari-hari. (3) Perlu diadakan penelitian yang lebih mendasar dalam pembelajaran kemampuan menggosok gigi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142410

Actions (login required)

View Item View Item