Perancangan buku bergambar bangunan ikonik dan monumental dunia / Aprillia Wisnu Putrie - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku bergambar bangunan ikonik dan monumental dunia / Aprillia Wisnu Putrie

Putrie, Aprillia Wisnu (2014) Perancangan buku bergambar bangunan ikonik dan monumental dunia / Aprillia Wisnu Putrie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putrie Aprillia Wisnu. 2013. Perancangan Buku Bergambar Bangunan Ikonik dan Monumental Dunia. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc. (II) Pranti Sayekti S.Sn M.Si. Kata Kunci Buku Bergambar Bangunan Ikonik dan Monumental Dunia Beragamnya bentuk-bentuk bangunan ikonik sudah barang tentu menarik rasa ingin tahu masyarakat terutama anak-anak. Namun nyatanya minimnya informasi dan pengetahuan yang diperoleh masyarakat tentang bangunan ikonik berdampak pada kurangnya kesadaran masyarakat akan dunia bangunan. Padahal dengan mengenal dunia bangunan masyarakat akan teredukasi baik dari segi sains maupun segi historikalnya serta mampu menginspirasi mereka untuk lebih mengamati dan melestarikan bangunan-bangunan disekitar mereka. Maka dari itu perlu diciptakan sebuah media yang mampu memberikan pengenalan tentang bangunan ikonik dan monumental dunia dalam kemasan yang menarik dan ringan sehingga mudah dipahami oleh masyarakat umum terutama anak-anak. Salah satu media yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat terutama anak-anak adalah melalui media buku bergambar. Metode perancangan ini dimulai dari langkah mengidentifikasi masalah mencari data pustaka mencari data lapangan untuk selanjutnya disintesiskan menjadi materi isi konsep perancangan dari konsep perancangan menjadi desain protoype evaluasi dan revisi dan terakhir desain final. Perancangan ini menghasilkan sebuah buku bergambar pengetahuan (picture knowledge book) untuk mengenalkan 7 bangunan ikonik dan monumental dunia pada masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Dikemas dalam bentuk menarik dengan penggunaan ilustrasi dan komposisi warna yang colourful untuk menghilangkan kesan monoton dan kaku sehingga kesan dan suasana buku menjadi ringan dan menyenangkan. Untuk melengkapi pemahaman informasi dari teks yang tersaji ditampilkan pula kuis dan lab studi sebagai penunjang informasi. Perancangan ini memiliki keterbatasan sehingga saran penulis adalah dalam perancangan buku cerita bergambar untuk masyarakat umum terutama anak-anak perlu memperhatikan bahasa visual dan tekstual yang menarik agar mampu menarik minat baca masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item