Penyesuaian diri mahasiswa baru tunanetra di universitas negeri malang / Sheila Damayanti Ashari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyesuaian diri mahasiswa baru tunanetra di universitas negeri malang / Sheila Damayanti Ashari

Ashari, Sheila Damayanti Ashari (2021) Penyesuaian diri mahasiswa baru tunanetra di universitas negeri malang / Sheila Damayanti Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bagi mahasiswa baru memasuki perguruan tinggi sama seperti memasuki jenjang SD SMP dan SMA karena setiap jenjang mempunyai permasalahan tersendiri. Penyesuaian diri di lingkungan perguruan tinggi merupakan proses yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa dan proses penyesuaian diri yang dilakukan mahasiswa kebanyakan adalah dalam hal akademik maupun non akademik. Saat ini mahasiswa baru tunanetra dihadapkan dengan permasalahan pembelajaran jarak jauh dikarenakan adanya virus yang bisa menyebar melalui interaksi secara langsung sehingga mahasiswa baru dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kendala pembelajaran yang dialami oleh mahasiswa baru tunanetra di Universitas Negeri Malang (2) upaya penanganan mahasiswa baru tunanetra dalam pembelajaran di Universitas Negeri Malang (3) upaya Universitas Negeri Malang dalam memberikan layanan bagi mahasiswa baru tunanetra untuk menyesuiakan diri dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa awalnya layanan pembelajaran yang diberikan oleh Universitas Negeri Malang belum akses untuk mahasiswa tunanetra upaya yang dilakukan mahasiswa baru tunanetra yaitu meminta bantuan kepada teman dan volunter setelah itu ada kesadaran dari pihak Universitas Negeri Malang untuk mengembangkan layanan untuk mahasiswa berkebutuhan di Universitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142408

Actions (login required)

View Item View Item